Menu 

Dosen Unisri Raih Doktor Managemen di FE Unissula

Thursday, September 7th, 2023 | Dilihat : 70 kali

(6) Unisri

Dosen Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta, Bambang Widarno berhasil meraih gelar Doktor dari Progran Studi Doktor Ilmu Manajemen (PDIM) Fakultas Ekonomi (FE) Unissula,  Rabu (6/9/2023).

Bambang Widarno yang mengambil disertasi dengan konsentrasi sumber daya manusia ini dinyatakan lulus usai menjalani ujian terbuka Doktor. Disertasi yang diujikan  berjudul Mas’uliyah Transformational Leadership (MTL): Model Meningkatkan Kinerja Koperasi di Jateng.

Menurutnya, kinerja koperasi (sebagai objek penelitian) dapat ditingkatkan dengan adanya pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan MTL. Hal ini diwujudkan jika pemimpin memiliki motivasi untuk melakukan perubahan secara Islami.  Pasalnya MTL akan mendorong peningkatan partisipasi anggota yang dalam jangka panjang akan meningkatkan  kinerja koperasi.

”Studi ini mengembangkan konsep kepemimpinan baru dengan landasan spiritual transendental yaitu MTL. Mas’uliyah sendiri berarti bertanggungjawab atas perbuatan, tugas dan kewajibannya kepada Allah dan organisasi, karena kelak dipertanggungjawabkan kepada Allah. Sedangkan TL atau transformational leadhership atau transformasi kepemimpinan adalah rangsangan peningkatan hubungan timbal balik yang mengubah pengikut menjadi pemimpin dan dapat mrmgubah pemimpin menjadi agen moral yang mendorong motivasi dan moralitas yang lebih tinggi pada yang dipimpin,” jelas Doktor ke 42 PDIM FE Unissula ini.

Adapun Nilai-nilai mas’uliyah dan transformasi leadhership menurutnya adalah meliputi tanggung jawab menjaga dirinya menjadi teladan, tanggungjawab melayani, tanggungjawab berperilaku adil, dan tanggungjawab menentramkan tidak menimbulkan kekhawatiran pada bawahannya.

Dalam ujian terbuka ini bertindak sebagai ketua penguji adalah Prof Dr Heru Sulistyo SE MSi. Sekretaris Prof Dr Widodo SE MSi dengan anggota Dr Mochamad Edris, Prof Widiyanto, Dr Tri Wikaningrum, Prof Olivia Fachrunnisa, dan Dr Ardian Adhiatma.

Related News