Menu 

Kedokteran Unissula Perluas Kerjasama dengan Kedokteran Turki

Wednesday, August 30th, 2023 | Dilihat : 87 kali

WhatsApp Image 2023-08-29 at 19.58.46

Rombongan Fakultas Kedokteran Unisula mengunjungi Fakultas Kedokteran Bolu Abant İzzet Baysal Üniversitesi Turkiye. Kunjungan dipimpin langsung oleh Dekan Dr dr Setyo Trisnadi SpKF pada (21/8/2023). Salah satu yang direalisasikan yakni menandatangani perjanjian kerjasama antar kedua institusi. Kerjasama tersebut akan berlangsung untuk lima tahun ke depan.

Turut hadir dalam rombongan antara lain Wakil Dekan II Dr Ulfah Dian Indrayani MSc, Kaprodi Magister Biomedik Assoc Prof Dr dr Agung Putra MSi Med, Sekprodi Magister Biomedik Prof Dr Ir Titiek Sumarawati MKes. Turut serta pula dosen bagian Patologi Anatomi Dr dr Susilorini MSi Med yang telah sebelumnya menjajaki riset bersama dalam bidang forest bathing dengan Bolu Abant İzzet Baysal Üniversitesi Turkiye, serta mahasiswa program magister Biomedik.

Dekan Fakultas Kedokteran Bolu Abant İzzet Baysal Üniversitesi Prof Dr Muhammet Güzel Kurtoğlu menyampaikan bahwa kerjasama ini sangat berarti karena kedua institusi memiliki berbagai kesamaan dan banyak topik-topik penelitian yang dapat dilakukan bersama-sama.

Sementra itu Dekan Dr dr Setyo Trisnadi menyampaikan bahwa kerjasama dalam bidang akademik sudah diinisiasi dalam berbagai program. Salah satunya yakni dengan mengundang Prof Ahmet Ural dalam visiting Professor dan pembicara pada 4th International Symposium on Human Health and Sciences pada tanggal 14-16 November 2022.

Fakultas Kedokteran Bolu Abant merupakan salah satu fakultas kedokteran terkemuka di Turki yang terletak di kota Bolu. Letaknya strategis tiga jam perjalanan dari Istanbul. Memiliki banyak keunggulan antara lain memiliki rumah sakit khusus rehabilitasi medik yang modern serta menjadi rujukan utama bagi seluruh warga negara Turki.

Selain penandatanganan kerjasama rombongan Kedokteran Unissula juga diterima oleh Konsulat Jenderal (Konjen RI)  di Istambul. Konjen RI Istanbul Darianto Harsono menyambut kerjasama tersebut dan siap memberikan dukungan. Ia menyampaikan  saat ini terdapat 1.300 mahasiswa Indonesia di Turki dari jenjang S1 sampai S3 dan selalu bersinergi untuk memberikan pelayanan dan perlindungan bagi WNI di Turki.

Dalam kesempatan itu Agung Putra juga memberikan overview mengenai stemcell yang menjadi salah satu peminatan utama di prodi Magister Biomedik Unissula. Ia mengatakan bahwa stemsel merupakan the future of medicine.

Sedangkan Dr dr Susilorini MSi Med memberikan overview kegiatan forest bathing sebagai salah satu alternatif untuk konektivitas body,mind and soul melalui kegiatan di dalam hutan yang dapat meningkatkan kesehatan.

 

Related News