Menu 

Mahasiswa Asing Terkesan CULTURA Unissula 2023

Thursday, August 10th, 2023 | Dilihat : 65 kali

DSC06350

Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula) menyelenggarakan program pendek internasional secara virtual bertajuk Course of Language and Culture of Indonesia (Cultura) 2023. Program Cultura 2023 merupakan wadah pembelajaran bahasa dan budaya Indonesia bagi mahasiswa asing di seluruh dunia. Tercatat, ada 54 mahasiswa asing yang berpartisipasi sebagai peserta program ini yang berasal dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Ukraina, Tiongkok, Thailand, Taiwan, Filipina, Vietnam, India, dan Pakistan.

Program yang telah berlangsung selama 6 pekan ini akan ditutup pada 16 Agustus 2023, sehari menjelang HUT ke-78 Republik Indonesia. Menuju berakhirnya program Cultura, para peserta (mahasiswa asing) diharapkan sudah bisa menggunakan ungkapan-ungkapan dalam bahasa Indonesia untuk percakapan sehari-hari. Para peserta juga telah dibekali pengetahuan dan keterampilan dalam pemahaman lintas budaya melalui pembelajaran budaya Indonesia. Inilah beberapa kesan yang diberikan para peserta tentang program Cultura 2023.

Sebagai seseorang yang antusias tentang bahasa, bisa menjadi salah satu peserta dalam program Cultura 2023 Unissula dan belajar bahasa indonesia langsung dari universitas di Indonesia, itu merupakan pengalaman yang sangat luar biasa dan sangat menyenangkan. Terlebih lagi, Bu Reni (pengajar) dan teman – teman dari Cultura 2023 memperlakukan dan membimbing kami sebagai peserta dengan sangat baik. Mereka memberikan ilmu yang sangat luas dan luar biasa tentang bahasa indonesia dan budaya – budaya indonesia.” ungkap Lera Camangyan salah satu peserta yang berasal dari Filipina.

Kesan selanjutnya disampaikan oleh peserta dari Ukraina, Viktoria Kolobova: “Pengajarnya itu sangat ramah. Paling berkesan adalah saat kami sedang berlatih untuk melafalkan kata-kata secara bersama. Sangat menyenangkan pastinya. Saya jadi ingin tahu lebih tentang Indonesia dan terutama budaya budaya yang ada di dalamnya. Terima kasih, Unissula

Ashutos Tiwari, salah satu peserta dari India, juga menyampaikan kesan mendalamnya, “Saya punya beberapa teman yang berasal dari indonesia dan saya ingin sekali belajar lebih tentang budaya serta bahasa indonesia. Hal ini sangat memotivasi diri saya untuk menjadi bagian dari peserta Cultura 2023 di Unissula. Program ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang budaya dan juga bahasa indonesia. Program ini sangat terstruktur dan dokumen- dokumen pembelajaran yang disediakan sangat membantu dalam belajar bahasa indonesia. Aku sangat beruntung menjadi bagian dari program Cultura ini.

Program Cultura baru memasuki tahun ke-2 dalam penyelenggaraannya. Walaupun termasuk program baru, Cultura terus mendapat kesan positif dan peningkatan animo pesertanya. Hal tersebut menambah motivasi Unissula sebagai a World-Class Islamic University, untuk terus menjaga serta meningkatkan kualitas program-program internasionalnya. Lewat berbagai program internasionalnya, Unissula diharapkan mampu untuk berperan dan memberi manfaat secara global.

Related News