Menu 

Unissula Perluas Kerjasama Internasional dengan Daarul Hadist Yaman

Wednesday, August 2nd, 2023 | Dilihat : 71 kali

WhatsApp Image 2023-08-02 at 15.46.49

Unissula perkuat kerjasama internasional. Yang terbaru yaitu dilakukannya memorandum of understanding(MoU) dengan Daarul Hadist Tarim Yaman, bertempat di kampus Unissula, Jalan Kaligawe, Rabu (2/8/2023).

MoU dilakukan oleh Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MH dengan Prof Dr Al Habib Alwy bin Hamid bin Syihab dari Yaman,  yang merupakan guru besar hadits dan ulumul hadits Universitas Seyun Hadramaut Yaman.

Prof  Al Habib Alwy mengatakan, kerjasama tersebut adalah di bidang pendidikan, terkait dengan pembelajaran khusus dengan pelurusan hadis-hadis dari Baginda Rasulullah SAW, yang yang jumlahnya ada 60 hadis.

Rektor Unissula mengatakan, kerjasama dengan mekanisme untuk pengiriman mahasiswa dan dosen Unissula ke Daarul Hadist Tarim Yaman untuk mempelajari hadis di sana.

‘’Jadi, mahasiswa dan dosen Unissula akan dilatih Bahasa Arab dulu di sini, selama enam bulan, baru setelah lolos, akan dikirim untuk belajar hadis, selama dua tahun di Yaman. Kita berharap mengirimkan 30 orang,’’ kata Prof Gunarto.

Menurut Rektor, dari kerjasama ini diharapkan akan lahir ahli tafsir AlQuran dan ahli Bahasa Arab dari Unissula. Selain itu, pertukaran mahasiswa dan dosen juga dilakukan sebaliknya dari Daarul Hadist Tarim Yaman.

Dalam kesempatan ini juga diadakan seminar bertajuk ‘Tema Nilai-nilai peradaban dalam hadis Rasulullah SAW’ dengan narasumber Prof Dr Al Habib Alwy . Inti dari seminar ini, adalah bagaimana mengintegrasikan sains dan agama untuk kemaslahatan umat.

Turut hadir memberikan sambutan Drs Tjuk Subhan Sulchan, Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA).

 

 

 

Related News