Menu 

Masjid Ukhuwah Islamiyah Siap Laksanakan dua Solat Idul Fitri

Tuesday, April 18th, 2023 | Dilihat : 193 kali

WhatsApp Image 2023-04-18 at 12.44.28

Khodimul Masjid Ukhuwah Islamiyah El Azhar Banyumanik Semarang, Drs Azhar Combo menilai kemungkinan besar akan ada perbedaan hari dan tanggal Idul fitri 1 Syawwal 1444 Hijriyah tahun ini. “Itu hal yang lumrah dan biasa saja”, ungkapnya (18/4).

Menariknya perbedaan itu justru ia sikapi secara moderat dengan mempersilahkan masjid yang dipimpinnya untuk menggelar solat ied dua kali pada Jumat dan Sabtu (21 dan 22 April 2023). “Kami siap dan telah berkoordinasi dengan pengurus ormas Muhammadiyah di Semarang yang akan menyelenggarakan solat Idul Fitri pada Jumat. Demikian pula kami siap dan sudah berkoordinasi dengan ormas NU jika mereka akan menyelengarakan solat idul fitri pada hari Sabtunya”, ujarnya.

Saat ditanya lebih jauh terkait hal itu Azhar Combo menerangkan bahwa masjid Ukhuwah Islamiyah didirikan untuk memperkuat rasa ukhuwah atau persaudaraan antara sesama muslim khususnya di Kota Semarang. Pengurus masjidnyapun dari berbagai ormas Islam di Semarang. “Meski ada sedikit perbedaan tetapi kita tetap saudara sehingga akan kita fasilitasi dan memberikan layanan terbaik”, ungkapnya.

Masih menurut Azhar Combo kapan waktu 1 Syawwal atau Idul Fitri di Indonesia tak jarang berbeda antara pemerintah, Muhammadiyah, dan NU. Perbedaan tersebut merupakan hal biasa karena adanya perbedaan dalam memahami nash dan metode pengambilan hukumnya.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah mengumumkan kapan Hari Raya Idul Fitri 2023/1 Syawal 1444 H melalui hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1444 H pada Februari lalu. Hasilnya, Muhammadiyah menetapkan Lebaran Idul Fitri atau 1 Syawal 1444 H tiba pada Jumat 21 April 2023. Sementara itu hingga saat ini, Nahdlatul belum menetapkan kapan Lebaran Idul Fitri 2023 karena menunggu keputusan sidang isbat Kemenag.

Demikian pula pemerintah melalui Kementerian Agama RI hingga saat ini belum mengumumkan kapan Lebaran 2023 atau Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, penentuan kapan Lebaran biasanya berdasarkan pada hasil sidang isbat yang biasa digelar menjelang Syawal atau tepatnya pada 29 Ramadhan yang tahun ini tiba pada 20 April mendatang.

Dalam sidang isbat pemerintah biasanya merujuk informasi awal berdasarkan hasil hisab atau perhitungan secara astronomis. Hasil hisab tersebut kemudian akan dikonfirmasi lagi lewat hasil lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Masjid Masjid Ukhuwah Islamiyah El Azhar Banyumanik Semarang didirikan mulai Ramadhan tahun 2021. Saat ini sudah difungsikan secara penuh baik untuk sholat jamaah lima waktu maupun sholat Jumat. Masjid modern dikawasan elit Banyumanik tersebut dibangun dengan arsitektur yang khas. Diantaranya banyak menggunakan ukiran kayu.

 

 

 

 

Related News