Menu 

Unissula Potong 26 Hewan Kurban

Thursday, October 17th, 2013 | Dilihat : 352 kali

Unissula mengadakan prosesi penyembelihan 26 hewan kurban di pelataran kampus (16/10). Ke 26 hewan kurban tersebut terdiri dari delapan ekor sapi dan 18 ekor kambing dari berbagai sohibul kurban antara lain dari pengurus Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung, pimpinan Unissula, serta dosen, karyawan dan mahasiswa Unissula.

Wakil Rektor III Unissula Dr Mustaghfirin SH MH dalam sambutan sebelum penyembelihan menyampaikan dari segi jumlah hewan kurban yang disembelih mengalami peningkatan dari pada tahun lalu yakni dari 21 ekor menjadi 26 ekor. “Hal itu menandakan semakin meningkatnya kesadaran civitas akademika untuk melaksanakan ibadah kurban” ungkapnya.

Lebih lanjut Mustaghfirin menyampaikan “Jika di lihat dari titik awal sejarah di sunahkannya ibadah qurban merupakan peristiwa yang mengagumkan. Nabi Ibrahim pernah mengkurbankan 1000 ekor kambing, 300 sapi, dan 100 unta karena kecintaan dan kebaktiannya pada Allah. Hingga suatu saat  Ia pun diuji untuk mengkurbankan Ismail putra yang telah dinantikan kehadirannya sejak berpuluh tahun lamanya. Dengan mengharap keridhoan Allah dan keihlasan Ismail maka Nabi Ibrahim melaksanakan perintah Tuhannya. Namun Allah menggagalkan kurban tersebut dan  menggantikan Ismail dengan domba dari surga”.

Dalam realitas kehidupan setiap amalan baik senantiasa membutuhkan perjuangan dan dalam perjuangan ada pengorbanan yang harus dilakukan baik berkurban waktu, harta, pemikiran dll. “Semoga ibadah kurban menjadi salah satu pengingat bagi kita untuk meningkatkan keihlasan, dan rela berkurban dalam menjalankan pengabdian sehari hari, serta menjadi amalan baik yang diterima Allah bagi para sohibul kurban” pungkas mantan dekan Fakultas Hukum Unissula tersebut.

Sementara itu ketua panitia Zaenudin SE SAg MM menyatakan daging kurban akan diditribusikan kepada fakir miskin, yatim piatu, di lingkungan Unissula dan karyawan golongan I dan II di lingkungan kampus.

Gambar: Wakil Rektor III Unissula Dr Mustaghfirin (atas berjas) didampingi ketua panitia Zaenudin SE SAg MM turut menyaksikan prosesi penyembelihan hewan kurban di Unissula (16/10)

Related News