Menu 

Kuliah Umum “Peran Tenaga Kesehatan di ASEAN Community 2015″

Friday, October 11th, 2013 | Dilihat : 800 kali

Unissula mengadakan kuliah umum bagi mahasiswa baru angkatan 2013/2014 di aula lantai gedung B fakultas kedokteran (11/10). Hadir sebagai narasumber Dr. Hargianti Dini Iswandari, drg., MM .Tema pada acara tersebut adalah Peran Tenaga Kesehatan di ASEAN Community 2015.

Pada kuliah umum ini Dr Hargianti menjelaskan bahwa, melalui Asean Free Trade Area (AFTA) pada tahun 2015 mendatang ASEAN akan mempercepat perdagangan di bidang jasa dan ini fokus pada peningkatan tenaga terampil. Artinya bagi kita yang berada pada bidang jasa khususnya kesehatan, harus mampu melihat peluang tersebut. Untuk meningkatkan tenaga kesehatan yang terampil setidaknya ASEAN saat ini telah membuka kesempatan untuk membangun dan melatih para tenaga medis khususnya dokter di kawasan ASEAN, mempromosikan praktik kedokteran sesuai standar dan kualifikasi, memfasilitasi mobilitas para dokter dan pertukaran informasi.

Selain itu, menurut data tahun 2011 bahwa setengah juta penduduk Indonesia berobat ke luar negeri diantaranya sekitar 280.000 orang ke Malaysia dan 120.000 orang ke Singapura bahkan diperkirakan devisa yang keluar lebih dari Rp 110 trilyun karena ini. Maka dari itu peningkatan kualitas tenaga kesehatan harus menjadi perhatian, agar hal seperti ini tidak akan terjadi lagi dan masyarakat Indonesia semakin percaya terhadap kualitas kesehatan dalam negeri. Demikian ungkap Anggota majelis kehormatan disiplin kedokteran Indonesia

Sebelumnya Wakil Rektor 2 Dr Mutamimah saat membuka acara menyampaikan, saat ini di Indonesia tenaga-tenaga kesehatan asing telah masuk ke Indonesia. Dan tidak jarang pula kita jumpai banyak rumah sakit yang dimiliki oleh warga Negara asing. Kemudian sebaliknya tenaga-tenaga kesehatan kita belum banyak memiliki peran di kancah internasional, maka dari sini kita bisa melihat ketidak seimbangan kualitas yang ada. Ia juga mendorong kepada mahasiswa Unissula khusunya bidang kesehatan untuk mengembangkan diri menjadi tenaga-tenaga kesehatan yang terbaik, pintar melihat peluang, dan pada akhirnya bisa Go Internasional, apalagi ini didukung dengan adanya Asean Community 2015.

Materi kuliah umum dapat di download disini

Related News