Menu 

PRODI ILKOM  FBIK UNISSULA  SELENGGARAKAN KULIAH PAKAR KEPROTOKOLAN

Tuesday, December 28th, 2021 | Dilihat : 162 kali

Keprotokoleran 1 (1)

SEMARANG – Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menyelenggarakan kuliah pakar dalam webinar keprotokolan dengan tema “Menjadi Protokoler Profesional, Handal dan Berwawasan” Bersama Hasan seorang Profesional Protokoler yang biasa bertugas untuk mendampingi dan mengatur kegiatan tamu dalam dan luar negeri. Selasa, 21/12/2021. Acara ini diikuti mahasiswa mahasiswi prodi Ilmu Komunikasi FBIK Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang yang mengikuti kuliah public speaking sebagai tambahan bekal pengetahuan ketika nantinya mahasiswa menjalani peran sebagai public speaker

“Sebagai seorang MC ataupun pembicara di depan umum perlu untuk memahami serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi Tata Tempat, Tata Upacara, dan Tata Penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat”, demikian disampaikan Made Dwi Adnjani, dosen program studi Ilmu Komunikasi FBIK Unissula. Ditambahkan oleh Made,  pembicara yang dihadirkan dalam kuliah pakar ini adalah seorang professional yang mengawali karir sejak mahasiswa dan menekuni dunia keprotokolan hingga sekarang. “Oleh karena itu, kami berterimakasih kepada narasumber dalam kuliah pakar kali ini yang bersedia untuk membagikan ilmunya kepada mahasiswa mahasiswi prodi ilkom Unissula.”

 “Sistem pendidikan di program studi  ilmu komunikasi Unissula bertujuan menghasilkan sarjana dan profesional berjiwa budaya akademik Islami yang mampu berkarya dan mengabdikan ilmu, ketrampilan dan kecakapannya di tingkat nasional dan global dalam rangka berperan serta dalam membangun peradaban Islam. Diharapkan nantinya mahasiswa setelah mengikuti kegiatan ini dapat mempraktikannya dalam kegiatan-kegiatan di kampus dan pekerjaannya nanti, dan diharapkan mampu mengembangkan pengetahuan keprotokolan sesuai dengan kaidah Islam, ” tambah Made.

Hasan dalam pemaparanya menyampaikan, “Ilmu komunikasi adalah dasar yang sangat penting yang harus dimiliki seorang protokol, karena menjadi protokoler berarti harus menguasai komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang baik karena setiap tamu yang didampingi harus dilayani dengan maksimal supaya tamu merasa nyaman dan juga aman.”

“Persiapan  yang detil sejak awal kedatangan, penjemputan, tempat transit, waktu acara serta selesai acara wajib diatur sedemikian rupa sesuai dengan aturan keprotokolan. Semua aturan terkait keprotokolan sebetulnya sudan diatur dalam Undang-Undang no. 9 tahun 2010. Seorang protokol harus mampu memahami aturan tersebut agar acara bisa  berjalan dengan tertib dan rapi sehingga tamu-tamu yang hadir bisa merasakan merasakan memorable experiences karena kehandalan petugas protokol”, Hasan menambahkan.

“Persiapan yang matang serta koordinasi dan kolaborasi antar lini, merupakan hal penting yang harus dilaksanakan sehingga acara demi acara bisa terlaksana dengan baik. Seorang protokol harus cepat, tanggap, cekatan, luwes serta mempunyai feeling yang kuat dalam melaksanakan tugasnya, akan lebih baik kalau pemahaman ini dilanjutkan dengan pelatihan-pelatihan termasuk table manner,” pungkas Hasan.

Sebagai penutup,  Hasan menyampaikan ada beberapa aspek yang harus dimiliki seorang protokol profesional yaitu cara berbicara, cara berpakaian atau groominggesture tubuh dan attitude yang baik.

 

Related News