Menu 

Dokter Gigi Harus Hormati Hak Hak Pasien

Wednesday, December 15th, 2021 | Dilihat : 123 kali

(15) Suryono
Forum Doktor Unissula (FDU) bersama Lembaga Kajian dan Penerapan Nilai Islam (LKPI) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula kembali menyelenggarakan webinar Rekonstruksi ilmu atas dasar nilai-nilai Islam seri 3 dengan tema perspektif fikih tentang estetika gigi dan mulut, (15/12).

Wakil Rektor I Unissula dalam sambutannya berharap dari webinar ini akan menambah wawasan dalam fikih estetika gigi dan mulut. “Semoga menambah wawasan khususnya terkait pandangan fikih dalam estetika,” ujar Dr Umar Ma’ruf SH SpN MHum.

Sebagai pengantar drg Rahmawati Sri Praptiningsih MMed menyampaikan terkait dengan bahan dan tindakan jika ada penyakit dalam rongga mulut. Melanjutkan pemaparan dosen FKG Unissula, Gus Qoyyum menyebutkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan dilakukan tindakan medis khususnya gigi. Diantaranya harus ada alasan syar’i dan klinis dan juga tidak merubah ciptaan Allah SWT. “Apabila dibutuhkan untuk pengobatan, memperbaiki cacat yang sangat buruk,” jelas pengasuh PonPes An Nur Lasem tersebut.

Selanjutnya drg Suryono PhD juga memberikan pandangannya terkait bagaimana Islam dalam kedokteran gigi kekinian. Ia yang merupakan mantan dekan FKG Unissula tersebut menitik beratkan pada kehati-hatian tenaga kesehatan untuk memperhatikan hak-hak pasien, terutama pasien muslim. “Dokter gigi dalam melakukan perawatan harus memperhatikan hak-hak pasien dari segi hukum Islam,” pungkas Dekan FKG UGM tersebut.

Related News