Menu 

Visi Merubah Mustahiq Menjadi Muzzaki

Wednesday, December 15th, 2021 | Dilihat : 184 kali

(15) Muzakki
Dosen Fakultas Ekonomi (FE) Unissula mengadakan pelatihan dan konsolidasi Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazizmu) yang dilaksanakan di Kantor Lazismu Kabupaten Cilacap, (14/11). Hadir sebagai pemateri adalah Dr Moh Zulfa dan Drs Osmad Muthaher MSi.

Acara diselenggarakan atas kerjasama antara FE Unissula dengan Lazizmu Kabupaten Cilacap. Menurut Moh Zulfa tujuan diadakannya pelatihan pengelolaan zakat infaq shodaqoh (ZIS) tersebut untuk menuju Visi yang diinginkan dari Lazismu Kabupaten Cilacap menjadi salah satu lembaga zakat yang memiliki visi merubah status mustahiq menjadi muzakki melalui program- program pemberdayaan yang dimilikinya yang terdiri dari pemberdayaan ekonomi masyarakat, pemberdayaan petani, pengembangan pendidikan, dan pelayanan sosial dan dakwah.

Akan tetapi, menjadi hal yang tidak mudah untuk mewujudkan visi tersebut dengan pendayagunaan produktif, Sementara Menurut Buntoro Kertanegara sebagai ketua Lazismu, Lazismu Cilacap belum bisa melakasakan sepenuhnya program pendayagunaan produktif yang terdiri dari pemberdayaan ekonomi masyarakat, pemberdayaan petani, pengembangan pendidikan. Visi yang baru berjalan adalah pelayanan sosial berupa bantuan kepada para Mustahiq yang belum mampu secara ekonomi.

Disamping itu terkait dengan kendala yang dihadapi Lazismu dalam hal penerimaan ZIS yang masih jauh dari target yang diharapkan. Berkaitkan dengan hal tersebut Moh Zulfa memberi tips dalam pelatihan tersebut kepada Kantor Layanan (KL) sebagai garda depan dalam menjaring para muzzaki yaitu membuat base data baik ditingkat RT sampai tingkat Kecamatan juga meminta data base ke tingkat instansi perkantoran dan melakukan kerjasama dengan pihak perbankan Syariah.

Masih Menurut Moh Zulfa kendala yang dihadapi dalam menghimpun dana dari masyarakat karena kurangnya kesadaran membayar zakat sehingga diperlukan para da’I zakat untuk melakukan pendekatan melalui ceramah maupun khutbah Jum’at. Dalam pelatihan tersebut diikuti 36 pengurus Lazismu Kabupaten Cilacap termasuk peserta pengurus Kantor Layanan.

Related News