Menu 

Bijak Mengelola Infodemi Covid-19

Tuesday, December 14th, 2021 | Dilihat : 198 kali

(14) Infodemi

Dosen Fakultas Kedokteran Unissula yaitu Rinawati SS MHum dan dr Dian Novitasari SpFM memberikan edukasi pencegahan penularan Covid-19 selama new normal di balai pertemuan RT08 RW04 Susukan, Ungaran Kabupaten Semarang (12/12/2021). Kegiatan yang dihadiri ibu-ibu PKK tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Acara edukasi diawali dengan pembagian soal pretest untuk mengukur pengetahuan peserta tentang new normal dan mitos seputar protocol kesehatan. Setelah pembahasan dr Dian Novitasari. SpFM memberikan edukasi tentang perlunya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan serta tips menjaga kesehatan pada masa new normal. Acara ditutup dengan pemeriksaan darah dan konsultasi gratis kepada peserta.

Ketua tim pengabdian masyarakat Rinawati menyampaikan bahwa kegiatan ini berawal dari keprihatinan atas masih beredarnya informasi yang tidak akurat seputar pencegahan penularan Covid-19 yang mempengaruhi sikap dan perilalu masyarakat.

“Pandemi Covid-19 disertai dengan sebuah fenomena lain yang disebut dengan ‘infodemi’ yang merujuk pada meluapnya jumlah informasi termasuk informasi yang tidak akurat atau mitos salah satu diantaranya adalah klaim bahwa masyarakat harus menggunakan masker bedah atau medis. Faktanya adalah bahwa masker bedah atau masker medis lebih diutamakan bagi tenaga medis, orang sakit, atau perawat orang sakit. Sementara orang sehat dianjurkan mengenakan masker kain tiga lapis untuk melindungi diri dari virus corona atau biang penyakit saluran pernapasan lainnya.” terangnya.
“Bentuk edukasi yang diberikan kepada warga berupa pentingnya membedakan fakta dan mitos terutama seputar protokol kesehatan dengan merujuk pada sumber informasi yang valid dan perilaku hidup sehat selama new normal.” sambungnya.

Selain 3M (mencuci tangan dengan dengan sabun/ handsanitizer, menggunalan makser, menjaga jarak, dr Dian Novitasari juga menyampaikan pentingnya menjaga daya tahan tubuh. Dia juga menambahkan tips untuk menjaga daya tahan tubuh yaitu istirahat cukup, olahraga, bergembira, kelola stress, kendalikan penyakit penyerta/comorbid.

Related News