Menu 

Mahasiswa PGSD Unissula KKL Sekolah Alam

Monday, June 28th, 2021 | Dilihat : 229 kali

(28) KKL Alam
Sebanyak lima mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unissula melakukan kunjungan ke SD Alam Perwira Purbalingga (31/5/2021). Mereka adalah Ade Irma Nurfadillah, Aning Margi Utami, Lintang Febi Bestari, Muftikhatul Mahmudah dan Nailul Amany.

Menurut Lintang kunjungan tersebut merupakan salah satu dari agenda kuliah Kerja Lapangan (KKL). SD Alam Perwira merupakan sekolah alam yang tergabung dalam jaringan sekolah alam nasional (JSAN) dan dibawah Yayasan Insan Madani Purbalingga yang didirikan pada tahun 2017 dan terdaftar di Dinas Pendidikan pada tahun 2020.

Alasan karena SD Alam Perwira dipilih sebagai kunjungan KKL Daring ini adalah karena mereka memilki ciri khas dan keunikan tersendiri. Berdiri di lahan 0,5 hektar dan didukung dengan lokasi dekat sawah yang jauh dari kebisingan, sangat mendukung proses pembelajaran di SD Alam Perwira ini dimana lingkungan sekitar sekolah menjadi laboratorium alam bagi para siswa. Konsep bangunannya didesain khusus denagn kayu dan bambu serta tidak ada pintu dan jendela, sehingga tidak memerlukan pelengkap ruangan seperti lampu dan AC.

Kurikulum yang digunakan yaitu Kurikulum Tematik dan kurikulum kekhasan. Adapun kurikulum kekhasan tersebut yaitu berupa kurikulum Belajar Bersama Alam (BBA), Kurikulum Bahasa Bunda, Outbound, Outing Class, Market Day dan Hafalan Al-Quran.

SD Alam Purbalingga mengusung konsep akhlak serta diharapkan dari kurikulum-kurikulum tersebut siswa mendapatkan core velue berupa leadership, enterprenuer, logika dan akademika, skill dan bakat siswa sesuai dengan tujuan dari didirikannya sekolah yaitu menjadi hamba Allah dan khalifah fil ardh.

Salah satu dari Kurikulum Kekhasan SD Alam Perwira yakni Belajar Bersama Alam (BBA) ini merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di alam, adapun kegiatannya seperti gardering. Selain itu ada juga kurikulum outbound, yaitu pembelajaran yang dibarengi permainan dan bersinggungan langsung dengan alam. Kegiatan ini bertujuan agar siswa mampu memimpin dirinya sendiri dan mampu bekerjasama dalam sebuah tim. Kegiatan outbound biasa dilakukan setiap hari Jumat.

Selama masa pandemi ini, SD Alam Perwira menerapkan pembelajaran offline atau tatap muka dengan sistem shift yakni pembelajaran dilakukan satu pekan dua kali pertemuan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah.

Selain mengunjungi SD Alam Perwira, mahasiswa juga berkunjung ke Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas Purbalingga. Konsep yang ditawarkan dari Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas ini adalah wisata edukasi, selain dapat berwisata menikmati berbagai wahana juga dapat mengenal jenis satwa yang ada.

Related News