Menu 

FKIP Unissula Seminarkan Prospek Kurikulum 2013

Tuesday, April 30th, 2013 | Dilihat : 358 kali

Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan FKIP Unissula mengadakan  seminar nasional  bertema “Optimalisasi Peran Matematika dalam Menyongsong Kurilkulum 2013” diadakan oleh 27 April 2013 di Unissula. Menghadirkan narasumber antara lain Prof Dr  Widodo (UGM, Kepala PPPPTK Matematika Yogyakarta),  Prof Dr Hardi Suyitno MPd (Unnes), Dr Dwijanto MS (Unnes) Prof Dr Sunandar MPd (IKIP PGRI).

Prof Widodo menyampaikan “Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan kurikulum KTSP yang mendorong peningkatan mutu yaitu pembelajaran dengan penguatan proses yaitu pembelajaran yang mendukung kreativitas melalui mengamati, menanya, menalar dan membuat jejaring sehingga siswa menjadi produktif, kreatif, inovatif, dan afektif”.  Sedangkan Prof Hardi Suyitno mengemukakan bahwa pembelajaran matematika berperan dalam pembentukan karakter siswa yaitu membentuk sikap disiplin, taat asas, teratur, adil, serta menjunjung tinggi kesepakatan. Pembentukan karakter ini dapat terjadi apabila guru memahami nilai-nilai karakter siswa dan nilai-nailai matematika serta memahami hakikat matematika untuk diintegrasikan dalam pembelajaran”

Seminar tersebut mendapatkan sambutan yang bagus dengan dihadiri oleh 175 peserta terdiri dari 150 mahasiswa dan 25 guru dan dosen yang datang tidak hanya dari  Semarang namun para guru matematika beberapa kota di Jawa Tengah.

Menurut salah satu panitia Dyana Wijayanti latar belakang diadakannya seminar tersebut diilhami oleh munculnya kurikulum 2013 yang menyita perhatian publik terutama kalangan akademisi. Terbitnya kurikulum 2013 untuk semua satuan pendidikan dasar dan menengah, diharapkan menjadi langkah sentral dan strategis dalam kerangka penguatan karakter, menuju bangsa Indonesia yang madani. Sebagai kurikulum yang akan disempurnakan, kurikulum 2013 niscaya belum dipahami secara luas. Salah satu langkah strategis untuk membahas perubahan kurikulum tersebut dengan kegiatan seminar.

Gambar : Prof Dr Widodo MS

Related News