Menu 

Alumni Unissula Dihimbau Menekuni Wirausaha

Wednesday, April 17th, 2013 | Dilihat : 359 kali

“Alumni Unissula harus punya orientasi yang jelas  terhadap masa depannya sehingga jangan terlalu lama dirumah kalau sudah diwisuda” demikian ungkap Jawade Hafidz SH MH saat menjadi pembicara pada pembekalan wisuda ke 65 Unissula di kampus Kaligawe, Selasa (16/4).

Lebih lanjut ketua umum ikatan keluarga alumni Unissula tersebut menyatakan sarjana sudah memiliki bekal intelektualitas yang cukup mumpuni  sehingga seharusnya hal itu bisa menjadi bekal dalam menghadapi kerasnya persaingan hidup baik dalam mencari pekerjaan dll. “Di tengah persaingan hidup yang semakin ketat maka untuk sukses dibutuhkan keberanian membuat keputusan besar  yang tegas dan cermat tanpa hal itu maka akan sulit meraih tangga kesuksesan tertinggi  dalam karier” ungkapnya.

Masih menurut Jawade Untuk menggapai sukses dalam karier tidak cukup dengan kecerdasan intelektual   karena banyak faktor kunci sederhana yang terkadang dilupakan orang seperti memiliki sikap yang baik “Orang orang yang memiliki sikap yang baik dan simpatik cenderung akan lebih mudah diterima dalam berbagai lingkungan dan situasi kerja karena orang lain akan lebih membuka diri untuk siap membantu. Sedangkan disisi lain banyak orang yang secara intelektual sangat bagus banyak yang gagal karena tidak mempunyai sikap yang baik sehingga dianggap sombong. Sehingga kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain melalui perilaku yang baik akan menjadi salah satu faktor penting penentu masa depan” ujarnya.  Hal lain yang tak boleh ditinggalkan adalah jangan pernah berhenti dan terus mencoba serta yakin akan kebesaran Tuhan.

Pilihan wirausaha

Dalam kesempatan tersebut Jawade juga memotivasi para calon peserta wisuda Unissula untuk menekuni bidang wirausaha. Dewasa ini persaingan makin ketat dan pilihan menjadi wirausaha sesungguhnya merupakan pilihan yang masih sangat luas meskipun hal itu tidak banyak yang meminatinya. Faktanya negara negara yang maju perekonomiannya adalah negara yang penduduknya menaruh perhatian lebih baik dari pada negara negara berkembang maupun negara miskin. Menjadi wirausaha merupakan pekerjaan yang sangat cair artinya bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun termasuk para lulusan perguruan tinggi. Sebenarnya inilah pilihan sukses dalam karir yang sangat dianjurkan baik oleh universitas, pemerintah ditengah masih tingginya pengangguran intelektual di negeri ini.

Gambar: Rektor Unissula Prof Dr Laode Kamaluddin secara simbolis menyerahkan nama nama alumni kepada Ketua Umum Ikatan keluarga alumni Unissula dalam pembekalan wisuda yang dihadiri 820 calon wisudawan

Related News