Menu 

Ketua FRI 2013 menandatangani MoU dengan BAPPENAS

Wednesday, March 20th, 2013 | Dilihat : 294 kali

Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) 2013 yang juga Rektor Unissula Prof Laode Kamaluddin menandatangani nota kesepahaman dengan Kementrian  Perencanaan Pembangunan RI (15/3). Penandatangan ini dilaksanakan di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Penandatangan oleh sekretaris Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional Dr Slamet Seno Adji MA dan disaksikan dan oleh menteri Perencanaan Pembangunan Nasional  Prof. Armida Alisjahbana PhD dan Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS selaku Ketua FRI periode 2014 mendatang.

Penandatanganan nota kesepahaman ini bersamaan dengan seminar nasional yang mengambil tema Pembangunan Infarstruktur dan Pengembangan Wilayah Dalam RPJMN 2015 – 2019. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Armidha Alisjahbana dalam Keynote Speech mengungkapkan selain bekerja sama dengan lima universitas besar dalam RPJMN juga mengajak dan mempercayai FRI untuk ikut dalam merencanakan pembangunan Indonesia kedepan.

Armida menambahkan bahwa Perguruan Tinggi adalah mitra yang strategis bagi BAPPENAS. Kerjasama ini juga sebagai persiapan penyusunan Rencana Pembanguna Jangka Menengah Nasional III 2015-2019. Meski masih sekitar dua tahun lagi tetapi langkah-langkah mengumpulkan masukan dan bahan harus sudah di mulai, dan karenanya BAPPENAS menggandeng institusi perguruan tinggi termasuk FRI yang menjadi Forum bagi pimpinan Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Kerjasama dengan Kementrian BAPPENAS ini meliputi terlaksananya sosialisasi Rencana Pembangunan Nasional baik rencana pembangunan jangka panjang (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional), Rencana pembangunan jangka menengah nasional, Rencana pembangunan jangka pendek nasional (rencana kerja pemerintah). Selain itu MoU ini dimaksudkan terlaksananya koordinasi yang baik dalam sosialisasi perencanaan pembangunan nasional, terserapnya aspirasi perguruan tinggi dan masyarakat dalam rangka penyusunan rencana pembangunan nasional periode berikutnya dan membangun jejaring yang baik dan berkelanjutan.

Menurut Laode selaku ketua FRI,  dengan kerjasama ini menunjukkan bahwa kepercayaan institusi negara kepada FRI untuk mengawal proses demokrasi dan pembangunan Indonesia semakin meningkat. Beberapa waktu yang lalu FRI juga telah menandatangi nota kesepamahan kerjasama dengan KPU tentang Pendidikan Pemilih Dalam Rangka Peningkatan Partisipasi Masyarakat pada Pemilu 2014. Kemudian, Forum Rektor Indonesia juga mengadakan kerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mengedukasi masyarakat terutama kaum terpelajar tentang pentingnya wawasan kebangsaan, proses demokrasi dan mengenal calon pemimpin yang akan membawa Indonesia kedepan.

Gambar: Sekretaris Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional Dr Slamet Seno Adji MA dan ketua FRI 2012 yang juga Rektor Unissula Prof Laode M Kamaluddin menandatangani MoU disaksikan dan oleh menteri Perencanaan Pembangunan Nasional  Prof Armida Alisjahbana PhD

Related News