Menu 

FIK UNISSULA Gelar Lomba Senam Cuci Tangan dan Pekan Sehat Balita

Wednesday, March 13th, 2013 | Dilihat : 459 kali

Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Unissula yang sedang melaksanakan Praktik Belajar Lapangan (PBL) di RW 2 Kelurahan Sembungharjo baru baru ini mengadakan kegiatan Lomba Senam Cuci Tangan Ibu-ibu dan Pekan Sehat Balita yang berlangsung di lapangan kantor Kelurahan Sembungharjo. Menurut mahasiswa Profesi Ners, Joko Munandar, acara  tersebut diadakan sebagai rangkaian program kerja yang telah disusun untuk memasyarakatkan budaya cuci tangan di masyarakat. Melalui kegiatan tersebut diharapkan masyarakat tidak hanya memaknainya sebagai suatu perlombaan saja, tetapi lebih dari itu masyarakat diharapkan bisa memiliki budaya cuci tangan yang dimulai dari masing-masing individu dan keluarganya.

 

Dalam kegiatan tersebut terdapat empat kategori perlombaan yang dilombakan, yaitu lomba senam cuci tangan ibu-ibu, lomba senam ceria balita, lomba gosok gigi balita, dan lomba cuci tangan balita. Kegiatan lomba tersebut diikuti oleh 7 group/kelompok ibu-ibu untuk kategori lomba senam cuci tangan, serta 92 balita yang turut mengikuti lomba untuk kategori lomba sehat balita.

 

Rakhmat Sudiyono, SE, kepala desa Sembungharjo dalam sambutannya mengatakan, melalui rangkaian kegiatan lomba yang diselenggarakan tersebut, diharapkan masyarakat secara bersama-sama saling mengingatkan untuk melakukan budaya cuci tangan, sehingga budaya perilaku hidup bersih dan sehat minimal di lingkup keluarga dapat tercapai. Masih menurut Sudiyono, hal ini manjadi sangat penting di masyarakat Sembungharjo mengingat di kelurahannya saat ini masih tinggi angka kejadian Diare dan DBD (Demam Berdarah Dengue).

 

Selain menyelenggrakan kegiatan perlombaan, FIK Unissula juga melakukan peresmian Posyandu Lansia dan Balita di RW 2 Kelurahan Sembungharjo yang dilakukan secara simbolis dengan menyerahkan Surat Keputusan (SK) dan papan nama posyandu. Pemenang dari perlombaan tersebut mendapatkan hadiah berupa tropi, sertifikat dan uang tunai dari pihak sponsor yang turut berpartisipasi dan bekerjasama mendukung acara lomba.

 

Gambar: salah satu kelompok peserta Senam Cuci Tangan Ibu-ibu sedang menampilkan kreasi gerakan senamnya.

Related News