Menu 

Kami Bangga Melihat Mahasiswa FTI Unissula Go Internasional

Monday, February 18th, 2013 | Dilihat : 361 kali

“Kami sangat bangga dengan diberangkatkannya 11 mahasiswa Fakultas Teknologi Industri  (FTI) Unissula ke Myongji Korea” demikian ungkap Dekan Fakultas Teknologi Industri Unissula Dr Sri Arttini Dwi Prasetyowati  MSi  dalam wawancara kemarin (17/2) menanggapi akan diberangkatkannya mahasiswa FTI ke Korea.  “Ini memang cita-cita yang sudah lama kami impikan, bisa melihat mahasiswa kami Go International”. Lebih jauh Arttini  mengharapkan  mereka bisa memperkenalkan  Fakultas Teknologi Industri  Industri  dan Unissula (pada umumnya), mampu berprestasi dan berkompetisi karena mereka akan masuk dalam kelas reguler dan bergabung dengan mahasiswa Korea lainnya.  Selain itu kami berharap mereka aktif bertukar pengalaman dan menyerap pelajaran, baik teori maupun praktik karena kedepanya akan kami gunakan sebagai wacana mengembangkan kurikulum maupun silabi yang ada di fakultas.”

Pengiriman mahasiswa FTI untuk dual programme ke Korea ini merupakan pionir  yang diprakarsai oleh Rektor dan didukung oleh yayasan, Badan Kerjasama Dalam dan Luar Negeri, UPT Pengembangan Bahasa Internasional, dan beberapa pihak lain.   “Insya Allah program-program  seperti ini akan kami upayakan terus berlangsung  untuk angkatan berikutnya, dengan Institusi ataupun lembaga pendidikan lain di dalam maupun luar negri. Tidak menutup kemungkinan kedepannya mahasiswa Korea dan perguruan tinggi lain akan belajar di Unissula”, imbuhnya.

Menurut Dr. Arttini, mereka yang berangkat adalah mahasiswa pilihan yang dididik untuk selalu berdisiplin tinggi, hadir tepat waktu dalam perkuliahan, mengikuti kuliah minimal 75% dan berlomba-lomba untuk meraih Indek Prestasi tinggi. Setelah terpilih mereka juga harus bekerja keras meningkatkan kualitas bahasanya, baik Inggris maupun Korea. Penguasaan bahasa Korea di bantu oleh dosen Korea yang mengajar di Unissula.

Selanjutnya dengan Maroko

Kepala Badan Kerjasama dalam dan luar negeri Unissula Prof Dr Selamet Imam Wahyudi  mengungkapkan kerjasama  Unissula- Myongji College telah di rintis sejak 2010, kerjasama ini difokuskan pada tiga hal yaitu students exchange, faculty exchange, dan joint research. “Tidak dapat kita pungkiri bahwa Korea Selatan saat ini menjadi pusat pengembangan teknologi yang maju di dunia, dan Myongji College University merupakan lembaga pendidikan yang ternama di Korea. Jaringanya dengan industri di Korea tidak diragukan lagi. Dengan mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaik Unissula terutama yang bidang study nya di bidang IT ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi kita. Prospeknya sangat bagus, sebagai sesama negara Asia, bersama-sama kita dapat menyongsong apa yang diprediksikan banyak orang yaitu era Asia. Kemajuan Indonesia dan Asia tentunya ada di tangan generasi mahasiswa kita ini. Untuk mensukseskan program ini Unissula juga mendapat support dari PT ANTAM Persero (Tbk), melalui program CSR nya. Dengan motto Aspiring To a Sustainable Future, PT ANTAM sangat concern mendukung program dual diploma bagi mahasiswa Unissula ini untuk belajar IT di Korea Selatan selama satu tahun. Ini adalah dukungan luar biasa, dan memberikan semangat tersendiri bagi para mahasiswa” Ujar Imam Wahyudi.

Masih menurut Imam Wahyudi kerjasama Unissula- Myongji  merupakan langkah awal dari sebuah perjalanan panjang berbagai  kerjasama yang dibangun Unissula, tentunya keberhasilan sebuah kerjasama tidak dapat dilihat langsung dampaknya saat ini. Perjalanan ke depan masih panjang dan tentunya harus lebih bekerja keras agar lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa dan dosen Unissula untuk menambah wawasan internasional.

Ia juga memastikan bahwa kerjasama yang dibangun tidak hanya dengan Myongji tapi juga dengan dengan fihak lain. “Banyak sekali rintisan kerjasama yang telah di sepakati, diskusi panjang dan berbagai kegiatan penyusunan program telah dilalui. Tahun ini lebih banyak kita akan merealisasi rintisan-rintisan kerjasama. Dalam waktu dekat misalnya kita berencana mengirimkan delegasi mahasiswa untuk berkompetisi pada festival seni budaya bertajuk  “The Heritage of Asia” di Universitas Sidi Mohammed Ben Abdellah, Maroko. Pada bulan Juli Unissula juga akan terlibat dalam  Asia Summer Program 2013 di Dongseo University Korea” ungkap Imam Wahyudi.

Siap mental

Ade Rusmawati mahasiswa Teknik Industri semester IV salah satu mahasiswa berprestasi dari Sultra yang terpilih mengikuti program tersebut mengatakan harapannya “Saya berharap berharap mampu menyarap ilmu dan pengalaman postif selama di Korea terutama dalam penguasaan IT mengingat Korea saat ini merupakan salah satu kiblat kecanggihan teknologi dunia yang terus berkembang sangat pesat. Saya juga merasa bersyukur kuliah di Fakultas Teknologi Industri Unissula dan terpilih mengikuti program tersebut mengingat ini merupakan kesempatan yang langka” Ujarnya.

Senada dengan hal itu Ahyar Sadat mahasiswa asal Jepara yang juga mengikuti program tersebut mengatakan “ Saya berharap memperoleh pengalaman berharga di sana serta mampu berprestasi sehingga membuka kemungkinan mendapat beasiswa S2 di sana. Secara mental kami bersepuluh telah siap dan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Kami juga mengucapkan terimakasih pada semua fihak yang telah membantu terlaksananya program ini” Ujar Ahyar.

Related News