Menu 

Aplikasi Blockchain Antar Mahasiswa MM Unissula Raih Award di Korea

Friday, July 17th, 2020 | Dilihat : 135 kali

(16) Block Chain

Mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Unissula berhasil menyabet penghargaan bergengsi di Korea. Mereka adalah Dima Roulina Simbolon dan Happy Rhemananda berhasil mendapatkan penghargaan berupa young scholar award pada ajang the 1st International Conference on Smart Computing and Cyber Security yang diselenggarakan oleh Kyungdong University Korea secara daring pada tanggal 7-8 Juli 2020.

Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi peserta peneliti muda terbaik kategori usia 19-25 tahun di konferen tersebut. Perwakilan MM Unissula juga diwakili oleh kelompok mahasiswa lain yaitu Yuli Nurhasanah dan Prameswari.

Keberhasilan Dima dan Happy ini mengangkat topik aplikasi sistem blockchain dalam manajemen sumber daya manusia (MSDM), terutama dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan. Blockchain merupakan sebuah terobosan teknologi yang menciptakan kepercayaan melalui konsensus dengan memastikan bahwa semua pihak yang berwewenang untuk mengakses blockchain setuju dengan setiap penambahan dan perubahan data yang dilakukan sehingga data terjamin dan bersifat valid.

Sistem blockchain ini memiliki keunggulan dalam efisien waktu, biaya dan peningkatan produktivitas. Blockchain mampu menyederhanakan proses seleksi dan rekrutmen karyawan dengan membantu mengidentifikasi keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman kandidat potensial yang divalidasi secara akurat dan real time. Validitas data ini akan memunculkan transparansi dan kejujuran pada proses seleksi dan rekrutmen. Blockchain bisa dimanfaatkan perusahaan besar ataupun UMKM karena biaya untuk mendapatkan dan merekrut talenta yang tepat relative tinggi, sehingga penghematan biaya akan sangat tepat khususnya bagi UMKM.

Penghargaan ini membuat Happy dan Dima bersyukur dan menjadi lebih bersemangat untuk terus mengoptimalkan kebaruan ilmu pengetahuan agar bisa diimplementasikan di dunia bisnis. “Pengetahuan tentang aplikasi ICT pada bisnis, seperti blockchain, ditambah dengan penguatan nilai nilai Islam dan wawasan global membuat kami yakin bahwa kompetensi ini yang akan membuat kita survive dan bermanfaat bagi umat sampai kapanpun” ujar Dima. Prodi Magister Manajemen sangat mendukung kegiatan seperti ini. Nurhidayati PhD, deputy academic MM Unissula menyatakan bahwa intinya tersedia beasiswa untuk diseminasi ilmu bagi setiap mahasiswa MM Unissula. “Prodi MM Unissula berterima kasih dan memberikan ucapan selamat bagi semua delegasi mahasiswa MM Unissula dan dosen pembimbing Prof Olivia Fachrunnisa, Ph.D”, ungkap Nurhidayati.

Related News