Di era persaingan global dewasa ini, penguasaan terhadap bahasa asing khususnya bahasa Inggris menjadi penting. Indonesia dituntut untuk bisa bersaing dengan negara- negara lain dalam berbagai bidang. Maka, demi beradaptasi dengan perkembangan zaman yang semakin maju, peningkatan sumber daya manusia harus diutamakan.
Seperti kita ketahui dengan semakin canggihnya arus barang dan informasi maka persaingan antar negara semakin dinamis dan kompetitif. Tidak hanya di bidang ekonomi, akan tetapi era pasar bebas ini menuntut kita untuk mampu bersaing di berbagai bidang. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menentukan kemampuan suatu bangsa untuk survive dalam persaingan era modern ini.
Bahasa
Penggunaan bahasa internasional khususnya bahasa Inggris menjadi sangat penting untuk dapat beradaptasi dan mengikuti arus perkembangan global yang semakin maju. Karena bahasa Inggris telah diakui dan disepakati dunia internasional sebagai bahasa resmi yang digunakan secara universal baik dalam dunia teknologi, pendidikan, ekonomi politik, budaya dan berbagai bidang lainya. Melihat kondisi tersebut, memiliki kemampuan berbahasa Inggris akan menjadi nilai tambah untuk bersaing di kancah Internasional.
Abad Komunikasi
John Lennon seorang pentolan grup music The Beatles pernah menyatakan bahwa “the miracle today is communication”. Kini, perkembangan teknologi di bidang komunikasi telah mengantarkan manusia pada dunia tanpa batas. Sehingga kemudian seolah-olah kita tinggal di sebuah global village (desa global) di mana satu sama lain dengan mudah saling mengenal dan berinteraksi. Kondisi ini telah memunculkan beragam peluang sekaligus memberikan tantangan bagi mereka yang kreatif.
Dengan kreatifitas yang dimiliki, mereka akan bisa membuat dan menyajikan pesan komunikasi dalam berbagai bentuk seperti desain grafis, gravity, fotografi, broadcasting, pembuatan film, iklan, untuk berbagai platform media (elektronik, online dan cetak).
Tak heran bila ekonomi kreatif yang lahir dari perkembangan teknologi komunikasi hanya akan menjadi milik mereka yang punya kreatifitas. Abad kreatif adalah milik generasi kreatif. Nah, dalam abad yang seperti ini, akankah kita hanya akan menjadi penonton, atau mengambil peluang? Sungguh sayang jika kita cuma jadi penonton. Untuk itu, ayo ambil peran, menjadi yang terdepan dan jadilah generasi yang kreatif.
Dalam menghadapi tantangan dan peluang sebagaimana disebutkan di atas, maka prodi Ilmu Komunikasi Unissula menjalankan berbagai strategi dan kebijakan yang ditujukan pada pengembangan pemahaman dan skill komunikasi secara kreatif dan komprehensif bagi para lulusannya, tentunya yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja di bidang komunikasi.
Untuk itu prodi Ilmu Komunikasi menawarkan dua konsentrasi peminatan yang dapat dipilih. Yaitu marketing communications (marcom) dan jurnalistik penyiaran (broadcasting journalism).
Fakultas Bahasa Dan Ilmu Komunikasi (FBIK) Unissula saat ini memiliki tiga pilihan program studi, yaitu Pendidikan Bahasa Inggris (S1) yang terakreditasi B, Sastra Inggris (S1) yang terakreditasi A, dan Ilmu Komunikasi (S1) yang terakreditasi B. Ketiganya memiliki kualifikasi sebagai berikut:
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berorientasi pada penyiapan calon – calon guru mata pelajaran bahasa Inggris baik di tingkat dasar maupun tingkat menengah. Dengan demikian, disamping keterampilan berbahasa, mahasiswa pada program studi ini akan belajar mengenai hal – ikhwal pembelajaran dan pengajaran seperti filsafat pendidikan, pengembangan kurikulum, pengujian ketrampilan berbahasa dan lain-lain.
Prodi Sastra Inggris
Program Studi Sastra Inggris berorientasi pada penyiapan mahasiswa untuk menjadi ahli bahasa (linguist) yang menguasai baik keterampilan berbahasa maupun ilmu-ilmu bahasa dan sastra. Dengan demikian, di samping ketrampilan berbahasa, mahasiswa pada program studi ini akan belajar tentang ilmu linguistik seperti sosiolinguistics, psycholinguistics, discourse, prosa, puisi, psikologi sastra dan sebagainya. Karena yang akan dicapai adalah ketrampilan berbahasa, maka sebagian besar perkuliahan – khususnya mata kuliah language skills- lebih menekankan pada praktik.
Prodi Pendidikan bahasa Inggris dan Sastra Inggris mengedepankan sistem pembelajaran yang menarik dengan jumlah satuan kredit semester (SKS) sebanyak 149 SKS untuk prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan 147 SKS untuk prodi Sastra Inggris. Sistem pembelajaran yang mengkedepankan kenyamanan dengan format kelas kecil, mahasiswa per satu kelas 25-30. Memiliki program khusus percepatan penguasaan bahasa Inggris bagi mahasiswa baru selama dua semester. Menyelenggarakan berbagai training untuk mahasiswa terkait dengan public speaking, entrepreneur, karya sastra, bisnis dan lembaga khusus.
Prodi Ilmu Komunikasi
Prodi Ilmu Komunikasi menawarkan dua konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu: konsentrasi marketing communication. Konsentrasi ini dikhususkan untuk mahasiswa yang tertarik di bidang komunikasi strategis Public Relations, periklanan, marketing, management event.
Marketing communication sangat cocok untuk mereka yang menyukai tantangan, kaya dengan ide-ide kreatif untuk meningkatkan reputasi organisasi. Konsentrasi broadcasting journalism. Konsentrasi ini dibuka untuk mahasiswa yang menyukai bidang jurnalistik, baik untuk media cetak, elektronik maupun online. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi ini dituntut untuk mampu menyampaikan berita tidak hanya melalui satu platform saja, tetapi harus bisa mengabarkan berita melalui multiplatform. Untuk lulus dari prodi ini mahasiswa harus menempuh kuliah 144 SKS selama delapan semester.
Pada tahun akademik 2020/2021 ini prodi Ilmu Komunikasi Unissula membuka pendaftaran mahasiswa baru yang terdiri dari tiga gelombang. Gelombang pertama berlangsung dari tanggal 1 Februari sampai 30 April 2020. Gelombang kedua akan dimulai pada tanggal 2 Mei dan berakhir tanggal 30 Juni 2020. Sedangkan gelombang ketiga pada tanggal 2 Juli hingga 30 Agustus 2020. Pada pendaftaran mahasiswa baru kali ini Unissula juga menawarkan beberapa beasiswa seperti beasiswa hafidz Qur’an, Unissula Cemerlang, beasiswa untuk santri, beasiswa anak alumni, Unissula berkhidmat, Bidikmisi, dan juga beasiswa Lazis Sultan Agung.
Kini prodi Ilmu komunikasi juga sudah menyediakan dua jenis kelas yaitu kelas reguler dan non reguler. Perbedaan dari masing masing kelas sendiri ialah kelas reguler perkuliahannya dilaksanakan pada hari senin sampai Jum’at, sedangkan kelas non reguler perkuliahannya dilaksanakan pada hari Jum’at dan Sabtu. Menariknya baik untuk kelas reguler maupun non reguler pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) sama sama dapat diangsur sebanyak tiga kali selama satu semester, dan biaya Dana Pengembangan Institusi (DPI) kelas reguler dapat diangsur sebanyak empat kali selama satu tahun.
Keunggulan
Membuka kesempatan seluas luasnya kepada para mahasiswanya untuk ikut berperan aktif dalam berbagai kegiatan akademik, seni dan budaya di berbagai negara di dunia. Sehingga tidak mengherankan jika para mahasiswa Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi tercatat sebagai salah satu fakultas yang paling sering mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti berbagai agenda akademik maupun non akademik ke luar berbagai negara seperti pertukaran mahasiswa, festival seni dan budaya, konvensi, konferensi, maupun kompetisi serta kuliah kerja lapangan (KKL) di berbagai negara. Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi juga memiliki jaringan kerjasama yang sangat luas baik di level nasional maupun internasional yang dapat menunjang proses belajar mengajar secara maksimal bagi putra putri bangsa.
Fakultas ini memiliki berbagai keunggulan antara lain: laboratorium bahasa representative, ruang teater, laboratorium multimedia, laboratorium microteaching, perpustakaan, hall/ ruang seminar, ruang lobby dan display karya mahasiswa, ruang promosi, ruang meeting, laboratorium televisi, laboratorium radio online, laboratorium fotografi, laboratorium PR dan advertising, ruang kuliah ber AC dll.
Kerjasama
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi bekerjasama dengan beberapa sekolah dalam rangka penerjunan mahasiswa PPL dan pengabdian masyarakat, di antaranya MAN Demak, SMA N 2 Demak, SMK Sultan Fattah, SMA N 1 Karang Tengah, SMK N 1, 2 Demak, SMA Islamic Centre Sultan Fattah, MA NU Demak, SMK N 1 Demak, SMA N 8 Semarang, SMA N 2 Semarang, SMA Sultan Agung 1, 3 Semarang.
Adapun lembaga-lembaga bahasa seperti Primagama, LPK Aishiro Gakuen, Radio UNISA, BF Institute, BBC, Yayasan Dejavato, MGMP Bahasa Inggris MA se-Kabupaten Demak, Kampung Inggris Semarang,serta beberapa kampus Unisbank, UNISNU, STAINU, STAI Yapata Al Jawani, Dongseo University, Universiti Kebangsaan Malaysia.
Untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran di prodi Ilmu Komunikasi Unissula, fakultas ini juga menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga antara lain: YPMA untuk memberikan sosialisasi dan media literacy. MCIC. Asia Pacific Institut for Broadcasting Development (AIBD) sebuah lembaga tempat berhimpunnya pengelola dan lembaga penyiaran se Asia Pasifik, untuk mengupdate perkembangan ilmu dan praktik di dunia penyiaran pa da khususnya dan komunikasi pada umumnya. Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi (ISKI) untuk penerbitan dan penulisan jurnal ilmiah. Magister Manajemen Komunikasi Trisakti. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah, untuk dalam melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya melakukan penelitian dan advokasi di bidang penyiaran dan media literacy. Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) Indonesia. Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara. London School of PR Jakarta dan lainnya.
Prospek Lulusan
Prodi pendidikan Bahasa Inggris menyiapkan para mahasiswa menjadi calon-calon guru mata pelajaran Bahasa Inggris baik di tingkat dasar maupun tingkat menengah. Di samping keterampilan berbahasa, mahasiswa pada prodi ini akan belajar mengenai hal – ikhwal pembelajaran dan pengajaran seperti filsafat pendidikan, pengembangan kurikulum, pengujian ketrampilan berbahasa dan lain-lain.
Sementara pada prodi Sastra Inggris para mahasiswa dipersiapkan menjadi ahli bahasa (linguist) yang menguasai baik keterampilan berbahasa maupun ilmu-ilmu bahasa dan sastra. Dengan demikian, disamping ketrampilan berbahasa, mahasiswa pada program studi ini akan belajar tentang ilmu linguistik seperti sosiolinguistics, psycholinguistics, discourse, prosa, puisi, psikologi sastra dan sebagainya. Karena yang akan dicapai adalah ketrampilan berbahasa, maka sebagian besar perkuliahan– khususnya mata kuliah language skills- lebih menekankan pada praktik.
Lulusan prodi Ilmu Komunikasi dapat menjadi entepreneur maupun praktisi di bidang komunikasi yang dibagi menjadi 2 spesialisasi: Marketing Communication dan Broadcasting Jurnalistik. Di bidang Marcom, lulusan Ilmu Komunikasi dapat bekerja sebagai public relation/ humas, advertising/ periklanan, marketing planner, Event Organizer, Account Excecutive, dan Media Planner. Adapun di bidang Broadcasting journalistic, lulusan dapat mengambil profesi jurnalis TV, radio, news anchor/ pembaca berita, presenter, reporter, TV programmer, fotografer, dll.
Melalui tiga prodi tersebut mereka memiliki peluang besar dalam berbagai bidang pekerjaan antara lain guru, PNS, Ahli bahasa dan Sastra Inggris, penulis, sastrawan, kritikus sastra, translator, instruktur di lembaga kursus bahasa Inggris, hingga jurnalis.
Info Pendaftaran
Mari bergabung dengan FBIK Unissula dengan mendaftar segera secara online di: pmb.unissula.ac.id (jalur raport) atau melalui sekolah mitra pmb.unissula.ac.id (pendaftaran mitra). informasi lebih lanjut hotline 081 220 110 62.