Menu 

Unissula Gone Google diresmikan Dirjen DIKTI

Monday, January 21st, 2013 | Dilihat : 465 kali

Unissula bersama Google, resmi meluncurkan layanan UnissulaMail.  Untuk memudahkan seluruh mahasiswa, staf, dan dosen saling berkomunikasi dan bekerjasama secara digital. Acara bertajuk UNISSULA gone google itu di resmikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof Dr Ir Djoko Santoso M Sc bersama Rektor Unissula, Prof Dr Laode M Kamaluddin pada hari Jumat (18/1) di halaman perpustakaan Unissula.

Prof Djoko menyampaikan apresiasinya terhadap Unissula dan Google dalam penerapan teknologi untuk membantu mengembangkan pendidikan.

UNISSULA memilih Google karena reputasinya sebagai perusahaan IT terkemuka di dunia terutama dalam aplikasi berbasis cloud. UnissulaMail didukung oleh teknologi Google bernama Google Apps for Education (GAFE). Aplikasi berbasis cloud ini dapat diakses dari berbagai perangkat digital seperti desktop, laptop, tablet, bahkan smartphone.

Unissulamail berisi aplikasi Gmail dengan kapasitas 25GB per user. Selain itu ada berbagai aplikasi seperti drive untuk menyimpan file dengan kuota 5GB per user. Calendar untuk mengatur jadwal.Document untuk membuat naskah dokumen. Spreadsheet untuk mengolah data. Ada juga form untuk mengumpulkan data. Presentation untuk presentasi. Hangout untuk video chat dengan keunggulan bisa di gunakan oleh banyak pengguna sekaligus. Dan masih banyak aplikasi lainnya.

Pepen S Diatna dari Primagain selaku Google Apps Local Partner menekankan perlunya mahasiswa membiasakan diri bekerjasama dalam tim. “Kemampuan bekerja sama dalam tim sudah terbukti menjadi kunci kesukesan dalam karir maupun bisnis seseorang. UnissulaMail dapat membantu supaya kerjasama bisa dilakukan secara online untuk menghilangkan batasan lokasi dan waktu” katanya.

Head of PR & Creativity Unissula Trimanah MSi menyatakan, Unissula adalah universitas pioner di Jateng yang menjalin kerja sama dengan Google di bidang aplikasi pendidikan.

Kampus yang memiliki visi untuk menguatkan budaya cyber ini bekerjasama dengan Google serta di bantu oleh Primagain sebagai Local Partner Google Apps Supporting Program di Indonesia. Mulai di implementasikannya seluruh fitur Google Apps for Education di lingkungan Kampus Unissula sejak tahun 2012 dilakukan secara bertahap. Nama UnissulaMail dipilih sebagai branding layanan komunikasi dan kolaborasi di Kampus yang memiliki tag line “World Class Islamic University” ungkap trimanah.

Beberapa universitas lain telah bergabung lebih dulu, seperti Universitas Brawijaya, ITB, Universitas Surabaya, Universitas Petra, dan London School of PR Jakarta. Sementara universitas internasional antara lain, New York University, University of Michigan, Stanford University, University of Wenmister, Monash University, dan North Western University.

Related News