Menu 

Unissula Divisitasi BAN PT

Saturday, December 22nd, 2012 | Dilihat : 2828 kali

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), pada (21-22/12) melakukan visitasi (penilaian lapangan) akreditasi insitusi ke Unissula. Akreditasi institusi merupakan penilaian resmi yang akan memperlihatkan kualitas dan performa sebuah universitas.

Adapun para asesor terdiri dari Prof Dr Ir Sudirman Yahya MSc, Dr Diah Natalia MBA, Prof Dr Jamaris Jamna MPd, dan Prof Dr Muchammad Syafruddin MSi Akt. Selama visitasi mereka  meninjau berbagai fasilitas  pembelajaran dan pengajaran di beberapa fakultas  laboratorium dll. Berbeda dengan akreditasi program studi akreditasi institusi menilai secara keseluruhan performa dan kinerja universitas secara keseluruhan.

Dr Widiyanto, Wakil Rektor I Unissula dalam presentasi kepada tim asessor menyampaikan berbagai hal tentang progress kampus selama tiga tahun terakhir antara lain di bidang reputasi pengelolaan website yang ditunjukkan oleh peringkat webometrik yang meningkat secara signifikan, dan pada Juli 2012 UNISSULA memperoleh peringkat ke-77  dari ribuan PTN/PTS seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, tahun lalu UNISSULA juga memperoleh peringkat ke 53 pada TESCA  (Telkom Smart Campus Award) 2011 . Bahkan UNISSULA sendiri menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang menjadi member aktif AIBD (Asia Pacific Institute fro Broadcasting Development).

Dari sisi publikasi ilmiah para dosen dan mahasiswapun, UNISSULA mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan keterlibatan aktif mereka dalam berbagai event nasional dan bahkan Internasional, seperti Ifan Rikhza Auladi (mahasiswa Fakultas Bahasa) yang bulan November lalu mengikuti ISIC TIIMI (Indonesian Scholars International Convention) di London. Hal tersebut diperkuat dengan jaringan kerjasama internasional yang telah merambah pada hampir semua benua.

Sebagai Universitas yang concern dan berkomitmen terhadap perkembangan berbagai kluster disiplin ilmu, UNISSULA senantiasa meningkatkan infrastruktur pembelajaran dan melakukan ekstensifikasi serta diversifikasi program studi. Di usianya yang telah mencapai 50 tahun, UNISSULA telah memiliki 12 fakultas dengan 28 program studi untuk jenjang Strata 1 dan Diploma, 5 program Magister dan 1 program Doktoral dengan bidang keilmuan yang lengkap seperti kesehatan, teknik, sosial ekonomi budaya, dan pendidikan.

Dalam visitasinya, tim asesor menilai kelengkapan dokumen yang dimiliki oleh seluruh unit kerja di UNISSULA seperti berbagai UPT, Lembaga, Badan, Biro dan juga Fakultas. Selain itu mereka juga melakukan site inspection untuk melihat langsung fasilitas dan keunggulan yang dimiliki UNISSULA seperti di Cyber Library dan Broadcasting Building. Bahkan salah satu tim asesor, Prof Dr Ir Sudirman Yahya MSc, terkesan dengan fasilitas dan atmosfer kenyamanan Cyber Library yang tidak ditemukan di perpustakaan universitas lainnya. Sesi Interview dengan para pimpinan, perwakilan dosen, karyawan dan mahasiswa juga menjadi kerangka penilaian yang dilakukan oleh tim asesor yang beranggotakan 4 orang tersebut.

Gambar : Presentasi Wakil Rektor I Unissula Dr Widiyanto (berdiri)

Related News