Menu 

Dosen Farmasi Unissula Gelar Workshop Pembuatan Handsoap

Tuesday, December 12th, 2023 | Dilihat : 28 kali

(11) Handsoap

Tim Farmasi Unissula melakukan pengabdian masyarakat yakni workshop pembuatan handsoap di SD IT Mutiara Hati Gunungpati, Semarang (9/11/2023). Tim terdiri dari Dr apt Rina Wijayanti MSc dan apt Chilmia Nurul Fatiha MSc serta dibantu oleh beberapa orang mahasiswa.

Rina Wijayanti menyatakan acara diikuti 26 peserta. Materi edukasi yang disampaikan meliputi penanaman kesadaran bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman yang dimulai dari hal kecil seperti mencuci tangan menggunakan sabun cuci serta penyampaiannya menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Dalam kegiatan ini ditanamkan pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan. Mengapa harus menjaga kebersihan tangan?. Serta menjelaskan penyakit-penyakit yang dapat ditimbulkan akibat tidak mencuci tangan seperti setelah bermain maupun sebelum makan.

Melalui kegiatan edukasi ini diharapkan memahami pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan dan menjaga kebersihan diri sesuai dengan syariat Islam. Di dalam Islam ada istilah annadhofatu minal iman yaitu kebersihan adalah sebagian dari iman.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan pelatihan mengenai pembuatan sabun cuci tangan berbahan kelapa sawit(Elaeis guineensis Jacq.).  Pelatihan mendapat sambutan dan dukungan yang positif dari Kepala Sekolah Gita Ria Octavia SPd.

Related News