Menu 

Dosen Kebidanan Unissula Ajak Ibu Hamil Di Sayung Ambil Langkah Preventif

Friday, June 11th, 2021 | Dilihat : 17 kali
Senam Hamil dengan Gymball

Senam Hamil dengan Gymball

Tim dosen Prodi Kebidanan Fakultas Kedokteran Unissula mengadakan pengabdian masyarakat di Puskesmas Sayung Kabupaten Demak yang dilaksanakan selama sebulan  dan dimulai (5/6/2021). Mereka adalah Rr Catur Leny Wulandari SSiT MKeb beserta tim dari Departemen kehamilan lainnya yaitu Muliatul Jannah SST MBiomed, Alfiah Rahmawati SSiT MKeb, Arum Meiranny SST MKeb, dan Atika Zahria SSiT MKeb.

Pengabdian masyarakat ini dilatar belakangi oleh anggapan bahwa melahirkan pasti sakit, sehingga timbul cemas yang berlebihan. Pemikiran negatif yang melekat pada ibu hamil menimbulkan keluhan-keluhan fisik dan masalah-masalah yang disebabkan kehamilan, kurangnya aktivitas fisik saat hamil makin memperparah masalah tersebut. Sebagian ibu hamil mengalami nyeri punggung, kram pada kaki serta, kecemasan yang berlebihan. Ibu hamil perlu mengetahui persiapan fisik dan psikologis untuk menghadapi persalinan.

Salah satu upaya upaya preventif dan promotif untuk meningkatkan pemahaman, sikap dan perilaku ibu hamil dalam mempersiapan persalinan salah satunya melalui kelas prenatal. Ibu hamil akan mengetahui tentang bagaimana cara mengurangi beberapa keluhan saat hamil sehingga kualitas ibu  dan janin akan meningkat dan akhirnya kecemasaan saat menjelang persalinan akan berkurang.

Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk ibu dan janin agar ibu hamil sehat dan persalinan berjalan lancar. Kehamilan yang diliputi kecemasan dan keluhan saat kehamilan yang tidak teratasi dapat menyebabkan kesejahteraan ibu dan janin menurun.

Berbagai permasalahan yang diprioritaskan untuk diatasi antara lain: pertama peningkatan pengetahuan ibu hamil dan suami tentang persalinan normal. Kedua, peningkatan kesiapan psikis ibu hamil dan suami. Ketiga, peningkatan kesiapan fisik ibu hamil. Keempat, menambah keterampilan ibu hamil dan suami dalam mempersiapkan perlengkapan kebutuhan bayi.

Persiapan dan edukasi persalinan normal materi pelatihan meliputi: pertama memilih tempat persalinan normal, olahraga atau aktivitas fisik sebelum persalinan, asupan nutrisi seimbang, menjaga kebersihan diri, mempersiapkan kebutuhan persalinan, mengenali tanda-tanda persalinan, menghindari rasa takut saat persalinan, dan persiapan psikologis.

Kedua, persiapan fisik untuk persalinan normal yaitu dengan: melatih pernafasan, postur dan posisi ibu hamil yang mendukung optimalisasi janin dalam rahim, senam gerakan sholat dan senam gymball. Ketiga, persiapan psikis dan spiritual saat persalinan normal yaitu dengan teknik relaksasi dengan hipnobirthing melalui zikir dan kalimat yang mengandung asma Allah menggunakan teknik afirmasi dan sugesti yang positif, yang disampaikan berulang.

Related News