Menu 

Unissula Potong 20 Hewan Kurban

Monday, September 4th, 2017 | Dilihat : 71 kali
Kurban

Gambar: Rektor Anis Malik Thoha Lc MA PhD (berkacamata) secara simbolis memberikan sapi kurban kepada ketua panitia kurban Unissula AN Zaenuddin MM (kanan)

Unissula menyembelih dan mendistribusikan sebanyak 20 hewan kurban yang terdiri tujuh ekor sapi dan 13 kambing yang dilaksanakan pada Sabtu (2/9). Hewan qurban tersebut diberikan oleh civitas akademika Unissula, yayasan dan juga rekanan Unissula.

Rektor Anis Malik Thoha Lc MA PhD yang secara simbolis menyerahkan hewan kurban kepada panitia setempat menyatakan hakikat nilai utama ibadah kurban bukan pada pisik hewan kurbannya tapi pada sejauh mana keikhlasan serta kerelaan untuk mengikuti perintah Allah guna menjadi manusia yang bertaqwa. Berkurban secara simbolis dapat diartikan sebagai bentuk mereduksi, mengekang, bahkan menyembelih hawa nafsu yang tidak terpuji dari diri kita sebagai muslim yang taat pada Allah SWT.

Bagi orang yang mampu dan sudah terbiasa melaksanakan ibadah kurban hampir di setiap tahunnya, dapat juga menghibahkan hewan kurbannya pada orang lain yang belum bisa melaksanakan kurban karena keterbatasan secara ekonomi. “Berkurban atas nama orang lain memiliki nilai yang sama dengan berkurban atas nama diri sendiri, dan bahkan tidak mengurangi jumlah dan nilai pahala bagi orang yang ikhlas memberikannya” Ungkap Anis Malik Thoha dalam sambutan prosesi penyembelihan kurban yang dilaksanakan di pelataran kampus Kaligawe.

Daging kurban diberikan pada masyarakat sekitar kampus serta karyawan golongan 1 dan 2.

 

Related News