Menu 

FBIK Unissula Kenalkan Metode Kilat Belajar Al Qur’an

Tuesday, August 29th, 2017 | Dilihat : 69 kali

(23) Pengabdian FBIK

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi (FBIK) Unissula mengadakan pengabdian masyarakat di Getasan Kabupaten Semarang (23/8). Tim terdiri dari dosen dan staf antara lain Nur Ekaningsih SPd MPd, Idha Nurhamidah SS MHum dan Puryanto SAg, memberikan pelatihan jalan pintas belajar membaca Al Qur’an bagi 25 ustadz-ustadzah TPQ Ar-Roudhoh Dusun Sengon, Kelurahan Manggihan.

Menurut Idha Nurhamidah pelatihan diberikan dalam rangka merevitalisasi teknik CBSA (Cara Belajar Santri Aktif) pada pembelajaran metode Iqra  ke metode yang cikal bakalnya dari Yogyakarta ini diyakini merupakan jalan pintas dalam rangka mengekselerasi pembelajaran membaca Al Qur’an, menggantikan metode Al- Baghdati yang dirasa cukup sulit bagi santri-santri TPQ yang memulai proses pembelajarannya ba’da sholat asyar hingga jelang sholat maghrib di Masjid Baitul Muttaqiin setempat.

Para peserta terlihat antusias terutama saat masuk sesi praktik membaca iqra dan gharib (bacaan musykilat dalam Al Quran).  Beberapa terlihat canggung mengucapkan bunyi-bunyi tertentu, seperti: imalah, saktah, naql, silah, badal, tashil, isymam dan lain-lain. Untuk bacaan isymam, yang dirasa merupakan bacaan tersulit, pemateri sengaja memberikan kesempatan peserta untuk satu persatu mengucapkannya dan membimbingnya hingga benar.

Pelatihan yang berlangsung mulai ba’da isya ini kemudian ditutup dengan acara peresmian TPQ Ar-Roudhoh sekaligus pemberlakuan metode iqra oleh Kepala Dusun Sengon, Suratman, disaksikan oleh seluruh peserta pelatihan

Related News