ArabicEnglishKorea
Menu 

Ekonomi Adakan Konferensi Internasional

Monday, May 25th, 2015 | Dilihat : 285 kali

cbam 2

Fakultas Ekonomi (FE) UNISSULA mengadakan seminar dan call for paper dalam Conference in Bussiness, accounting, and management atau CBAM (21/5).  Tema yang diusung dalam CBAM kedua ini adalah ‘Transforming and sustainable competitive advantage: The role of university in preparing human resources with research competence integrated to industry’ dengan keynote speaker Prof Ainun Na’im PhD AK CA (Sekjen Kemenristek Dikti, Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (DPN IAI) ,Guru Besar FEB UGM Yogyakarta) dan Prof  Tjiptohadi Sawarjuwono PhD Ak CA (Ketua IAI Jawa Timur, Guru Besar FEB UNAIR Suarabaya).

Acara yang terselenggara di aula lantai 3 FE tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I UNISSULA, Dr Ir H Muhammad Haddin MT yang sangat mendukung penuh kegiatan CBAM ini. Sementara itu dekan FE, Olivia Fachrunnisa SE MSI PhD mengungkapkan bahwa CBAM adalah event dua tahunan FE yang dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi para akademisi dan praktisi serta penguatan tri darma perguruan tinggi khususnya dalam hal penelitian. “Sebuah penelitian tidak akan bermanfaat jika hasilnya hanya di simpan di perpustakaan atau dilaporkan pada pihak penyandang dana. Hasil-hasil penelitian dari PT hendaknya diseminasikan dalam sebuah forum yang nantinya akan dibaca dan didengarkan oleh banyak pihak terutama pelaku industry dan pemangku jabatan di pemerintahan”, ungkap Olivia.

Olivia juga menambahkan bahwa tema yang diusung CBAM tahun ini adalah mengungkapkan peran PT dalam menciptakan SDM yang memiliki kompetensi riset yang terintegrasi dengan dunia industri. Hal ini dikarenakan kompetensi riset merupakan hasil dari kemampuan berpikir kritis, analitis terhadap masalah yang ada dan menciptakan solusi dengan pendekatan yang sistematis. “Perguruan tinggi menjadi ujung tombak dalam menyiapkan mahasiswa dan dosen dalam kempetensi tersebut, sehingga diharapkan ilmu yang dipelajari akan membawa manfaat bagi masyarakat”, tambah Olivia.

Salah satu yang istimewa dalam 2nd CBAM kali ini adalah launching MoU IAI Affiliated Campus yang ditandatangani langsung oleh DPN IAI Pusat, Dr Khomsiyah Ak CA dan dekan FE Unissula. Acara dihadiri oleh Pejabat Yayasan, Pejabat Rektorat, Dekan di lingkungan UNISSULA, Dekan FE se kota Semarang, Kepala SKPD Provinsi Jawa Tengah, Kepala sekolah SMU Negeri se-kota Semarang, Kaprogdi Akuntansi dan Manajemen se-kota Semarang, dan para anggota IAI. Sedangkan Call for Papers diikuti oleh dosen-dosen se Indonesia, bahkan ada 5 peserta yang berkebangsaan Libya.

 

Related News