Menu 

Unissula Dorong Siswa SMK Diponegoro Selektif Pilih Prodi

Tuesday, October 9th, 2018 | Dilihat : 30 kali
(8) SMK Diponegoro

Gambar: Siswa SMK Diponegoro Banyuputih antusias mengikuti campus tour di Unissula

Sebanyak 180 siswa SMK Diponegoro Banyuputih Batang mengadakan kunjungan study tour ke kampus Unissula yang diterima langsung oleh Wakil Rektor III Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD, Senin (8/10).

Dalam sambutannya Qomaruddin menjelaskan agar selektif memilih prodi serta  memotivasi siswa agar tidak mudah patah arang untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi meskipun memiliki berbagai keterbatasan seperti keaungan. Hal itu jangan menjadi halangan lulusan SMA, SMK dan MA untuk mengejar cita-cita. Sebab, sedikitnya ada 12 jenis beasiswa yang diberikan bagi mereka dari Unissula Semarang.

”Diantaranya, jika hafal 30 juz Alquran, maka kita akan memberi beasiswa bagi hafiz Alquran 30 juz, kuliah gratis. Beasiswa lain pun menanti, termasuk yang diberikan pemerintah lewat Bidikmisi. Kami memfasilitasi Bidikmisi tersebut, tahun ini ada 21  mahasiswa dari keluarga miskin, lewat jalur Bidikmisi yang diterima,” kata  Wakil Rektor III M Qomaruddin.

Dia mengatakan hal itu, saat menerima kunjungan rombongan siswa SMK Diponegoro Banyuputih, Batang, di kampus Jalan Kaligawe. Menurutnya, juga peluang lewat jalur beasiswa siswa berprestasi. Ini berdasarkan prestasi akademik maupun nonakademik lulusan SMA/MA/SMK.

Menurutnya, beasiswa diberikan di luar fakultas kedokteran dan kedokteran gigi. ”Peminat untuk masuk ke Fakultas Kedokteran sangat ketat. Hanya berkisar kurang dari 200 yang diterima, namun yang mendaftar sampai 2.000 orang. Di sini memang kami menerapkan budaya Islami dalam proses pembelajaran,” jelasnya.

Wakil Kesiswaan dan Kurikulum SMK Diponegoro Banyuputih, Partono MPd mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi gambaran kepada siswanya, terkait dengan dunia perkuliahan. Pasalnya, kuliah tidak seperti sekolah di SMK.

”Banyak jurusan dan program studi yang ditawarkan, oleh karenanya mereka harus diberi pandangan sejak dini. Sehinggga tidak salah dalam mengambil jurusan yang diminati,” Pungkas Partono.

 

Related News