Menu 

Uji Terapi Spiritual Keperawatan Unissula Juara Nasional

Thursday, November 15th, 2018 | Dilihat : 56 kali

(10) Asuhan Keperawatan

Tim mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula berhasil meraih juara 1 lomba asuhan keperawatan  tingkat nasional yang diadakan di Universitas Achmad Yani Yo gyakarta 10 November 2018. Mereka adalah Ovisca Abdilla Zizty, Elsa Nur Afiana, dan Nugroho Kukuh M.  Adapun uara II diraih oleh UIN Jakarta dan juara III diraih  tuan rumah.

Menurut Ovisca hal yang menjadi penilaian adalah dalam hal skill keperawatan, dokumentasi asuhan keperawatan, responsi asuhan keperawatan, dan harus mengikuti sesi cerdas cermat. Kompetisi nasional tersebut diikuti oleh 14 universitas dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam kompetisi tersebut tim keperawatan Unissula mempresentasikan tentang asuhan keperawatan bagi para penderita HIV / AIDS. Menurut Nugroho bahwa tidak semua pengidap HIV/ AIDS memiliki pengetahuan tentang penyakitnya tersebut.

“Ada penderita HIV/ AIDS yang merasa dirinya kotor dan dihukum Tuhan dan ia sangat khawatir ketika kelak meninggal tidak ada yang mau mengurus jenazahnya. Ada juga pasien yang tidak menceritakan penyakitnya pada keluarganya karena takut mendapat stigma buruk mengenai HIV / AIDS. Itu merupakan satu dari sekian kekhawatiran karena ia tidak punya pengetahuan mendalam tentang penyakitnya sehingga hal itu tidak jarang membuat mereka stress” Ungkap alumni SMA N 2 Mranggen tersebut.

Lebih jauh ia mengungkapkan ada beberapa terapi yang bisa diberikan kepada mereka salah satunya terapi spiritual. Pasien juga perlu dukungan dari teman sesama pengidap HIV /AIDS untuk bangkit dari keterpurukan tersebut.

Sementara itu bagi Elsa dapat menjadi juara di kompetisi tersebut merupakan capaian penting. “Ini merupakan kompetisi yang sangat penting bagi kami untuk dapat menguji skill dan pengetahuan kami tentang asuhan keperawatan” Ungkap Alumni SMK Bakti Kencana Kabupaten Kendal tersebut.

Senada dengan hal itu, bagi Ovisca juara yang diraihnya merupakan hal yang sangat membahagiakan karena selama menjadi  mahasiswa hal itu merupakan kompetisi pertama yang diikuti dan langsung menjadi juara. “Kami sangat bahagia dapat menjadi juara dan terimakasih atas dukungan serta doa civitas academika khususnya Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula” Ungkap alumni SMAN I Jepara kelahiran 18 November 1999 tersebut.

Related News