Menu 

Tingkatkan Kompetensi UMKM Dosen FE Unissula Beri Pelatihan Perencanaan Keuangan

Thursday, October 15th, 2020 | Dilihat : 24 kali

(15) Maya2

Dua dosen Fakultas Ekonomi Unissula yaitu Devi Permatasari SE MSi Ak CA dan Maya Indriastuti SE MSi Ak CA memberikan pelatihan perencanaan keuangan bagi UMKM, khususnya ibu-ibu pengusaha Aisyiyah di Kabupaten Semarang (5/8).

Pengabdian bekerja sama dengan Aisyiyah Kabupaten Semarang yang dipimpin oleh Ibu Dr Ida Zahara Adibah MSi. Menurut Maya tujuan pengabdian masyarakat adalah memberikan pelatihan dan pendampingan terkait perencanaan keuangan, agar ibu-ibu pengusaha Aisyiyah terampil membuat perencanaan penggunaan uang, menghitung keuntungan dengan benar, menyiapkan dana darurat, dan mengawasi harta, utang, dan modal karena uang adalah inti dari berkembangnya suatu bisnis.

Perencanaan keungan merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana, sehingga memudahkan untuk memantau sumber penghasilan dengan lebih baik. Perencanaan keungan ini menjadi salah satu solusi agar ibu-ibu pengusaha Aisiyah dapat lebih fokus dalam meningkatkan nilai aset dan memanfaatkan keuangan pada saat yang tepat.

Masih menurut Maya UMKM mempunyai peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi dan memperluas lapangan kerja. Hal ini sangat beralasan karena mayoritas jumlah UMKM sekitar 99% dari seluruh usaha di Indonesia. Pemberdayaan sektor UMKM ini memang perlu terus ditingkatkan, sehingga diharapkan, di masa depan ribuan UMKM yang bergerak diberbagai sektor di tanah air dapat berkembang dan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar. Kendala utama yang dihadapi pengusaha UMKM adalah akses keuangan pada lembaga keuangan formal karena UMKM tidak mempunyai collateral. Selain itu, masalah lain yang dihadapi sektor UMKM adalah pengelolaan keuangan/perencanaan keuangan.

Related News