Menu 

Terakreditasi B, MTE Unissula Akan Terapkan Program Fast Track

Wednesday, November 29th, 2017 | Dilihat : 98 kali

akreditasi B elektro s2

Magister Teknik Elektro (MTE) Unissula raih akreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan nomor 4170/SK/BAN PT/Akred/M/X/2017. Tim assesor dari UGM dan ITB Prof Dr Ir Sasongko Pramono Hadi, DEA dan Prof Dr Ir Adit Kurniawan, MEng, PhD telah melakukan assesmen lapangan pada September lalu.

Kaprodi MTE Arief Marwanto ST Meng PhD menuturkan MTE Unissula unggul dalam publikasi ilmiah di jurnal internasional. “Jumlah publikasi ilmiah oleh dosen dari tahun ke tahun terus meningkat, disamping ada beberapa penemuan yang dipatenkan”. Katanya. Masih menurut Arief fihaknya juga menjalin sinergi yang baik dengan perguruan tinggi dalam maupun luar negeri. “Kami juga bekerjasama dengan pihak industri, diharapkan para dosen atau mahasiswa bisa magang untuk menerapkan ilmunya di lapangan, tidak hanya di ruang kelas.” Terangnya.

Lebih lanjut ia menuturkan selain sistem manajemen yang mapan, sistem pendidikan di MTE juga sudah bagus, pasalnya proses pembelajaran dengan metode dua arah dalam bentuk diskusi. “Jenjang magister memang dituntut harus memiliki keahlian analisis yang kuat. Karena tugas yang diberikan sudah terstruktur dan berbasis riset. Mata kuliah lebih mengarah pada operasional praktikal, misalnya mahasiswa ditantang untuk menciptakan alat, mendesain, mengimplementasi, hingga memperoleh hasil berupa prototype.” Ujarnya.

Ia mengaku bersyukur atas peningkatan akreditasi ini. “Semoga lebih bermanfaat untuk umat, dan semakin banyak mahasiswa yang tertarik belajar di MTE Unissula, termasuk mahasiswa asing.” Kata Arief yang mengungkapkan telah ada 3 mahasiswa asing dari Libya yang kuliah di MTE Unissula.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Dr Sri Arttini Dwi Prasetyowati MSi mengungkapakan MTE Unissula merupakan yang pertama di Jawa Tengah dan akan terus berinovasi mengembangkan programnya. Ia mengaharapkan terbukanya peluang beasiswa bagi mahasiswa MTE. “Rencana ke depan kami akan bekerjasama dengan Dikti untuk menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.” Ungkapnya.

Dekan menuturkan, MTE akan menerapkan program fast track yakni percepatan mahasiswa S2 melalui perekrutan dini. “Mahasiswa berprestasi di S1 dari Teknik Informatika dan Teknik Elektro yang masih semester 7 atau 8 akan direkrut langsung untuk kuliah S2 di MTE Unissula. Jadi dalam satu waktu ia bisa mengenyam S1 dan S2 sekaligus. Harapannya akan muncul sumber daya insani yang berkualitas, dan MTE Unissula akan semakin maju.” Imbuhnya.

Related News