Menu 

Semakin Berprestasi Manajemen Unissula Pertahankan Akreditasi A

Tuesday, August 8th, 2017 | Dilihat : 413 kali

manajemencopy

Program Studi S1 Manajemen  Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang kembali berhasil mempertahankan akreditasi “A” dari BAN-PT berdasarkan SK Nomor: 1841/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017 tertanggal 06 Juni 2017. Perolehan akreditasi A ini merupakan keempat kalinya yang diraih oleh Prodi S1 Manajemen. Bertindak sebagai assesor yaitu Dr Vera Pujani SE MM Tech (Universitas Andalas) dan Dr Dudi Rudianto SE MSi (Universitas Bakrie).

Menurut Dekan Fakultas Ekonomi Dr Olivia Facrunnisa SE MSi S1 Manajemen Unissula memiliki banyak keunggulan, sehingga berhasil mempertahankan akreditasi A di antaranya kualitas sumber daya manusia, baik dosen, mahasiswa maupun tenaga kependidikan. “Kami memiliki empat dosen prodi S1 Manajemen yang masih menempuh program studi doktor di luar maupun dalam negeri.” Tuturnya.

Lebih lanjut menurut Dekan, para dosen dan mahasiswa juga menunjukkan prestasi yang gemilang, seperti Kaprodi S1 Manajemen  Dra Alifah Ratnawati MM meraih peringkat IV Ka Prodi berprestasi tingkat Nasional tahun 2014. “Kualitas penelitian dosen juga semakin meningkat, baik di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa dosen telah lolos hibah dikti dan sudah mempublikasikan hasil karyanya dalam jurnal internasional bereputasi terindex Scopus.” Ungkapnya. Menurutnya, prestasi mahasiswa juga tidak kalah gemilangnya, seperti Riko Dwi Saputra menjadi peserta dalam ajang ASEAN Youth Culture Exposure Tour di Thailand beberapa waktu lalu.

“FE juga terus meningkatkan kualitas kegiatan staff mobility dan student mobility di level internasonal. Pada Maret lalu, kami mengirimkan 2 dosen untuk mengikuti staff mobility di Erasmus University Rotterdam, dan 10 mahasiswa dalam program Student Mobility di Universiti Sains Islam Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, University Brunei Darussalam (UBD), Dongseo University Korea dan Erasmus University Rotterdam Belanda.” Imbuhnya.

Selain kualitas SDM, menurut Olivia, S1 Manajemen juga unggul pada kurikulum pendidikannya. “Kurikulum berdasarkan SNPT dan KKNI yang sudah mengacu pada international education standard. Selain itu, ada kurikulum pengembangan soft skills mahasiswa terstruktur selama 6 semester dengan nama TUMBUH (Terlatih Untuk Menjadi Baik, Ulet dan Berhasil).” Tambahnya. Olivia berharap setelah memperoleh akreditasi kali keempat ini, prodi S1 Manajemen akan berusaha untuk mendapatkan akreditasi Internasional (ABEST 21 atau AACSB).

Sementara itu Kajur Manajemen Dr Hendar bersyukur atas perolehan akreditasi A kali keempat ini. “Prestasi ini bisa diraih berkat kerja keras dan kerja sama seluruh civitas akademika FE Unissula. Kedepan prodi S1 Manajemen dapat mempertahankan status akreditasi ini dan meningkat ke akreditasi internasional.” Pungkasnya.

Related News