Menu 

Rektor ke Lima Unissula Wafat

Friday, January 20th, 2012 | Dilihat : 362 kali

Mantan Rektor Unissula dokter H Machfudz Ibawi Sp THT  meninggal dunia (20/1) di Kudus. Ia menjabat sebagai Rektor dalam dua periode berbeda yakni 1988-1992 dan periode 1997-2000.  Ia adalah Rektor ke lima di Unissula yang berperan sangat penting dalam masa transisi dari peng Membangan fisik menuju era pengembangan akademik. Hal yang sangat signifikan antara lain pembangunan masjid kampus yang berkapasitas 4.000 jamaah serta pembangunan dua gedung Fakultas Kedokteran.

Almarhum juga berperan penting dalam hal mengembangkan manajemen dan administrasi salah satunya digunakannya pengelolaan terpusat yakni sistem perencanaan penyusunan program dan penganggaran (SP4) dalam pengelolaan keuangan di kampus.

Memperbaiki struktur organisasi di tingkat fakultas yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah waktu itu yakni  PP no 5 tahun 1980. Penambahan Biro administrasi perencanaan dan sistem informasi, penyusunan visi misi tujuan dan renstra universitas. Ia juga memulai program komputerisasi administrasi dll.

Di era kepemimpinannya juga sudah dirintis rencana Unissula untuk go internasional melalui kerjasama dengan Universiti Teknologi Malaysia. Catatan di bidang pembinaan akdemik adalah peningkatan pembinaan mahasiswa baik di bidang penalaran maupun minat bakat antara lain mengikutsertakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Unissula di Meksiko, juara catur mahasiswa se ASEAN serta berpartisipasi dalam Pekan Olahraga Nasional.

Rektor Unissula Prof Laode M Kamaluddin mengungkapkan “Unissula kehilangan sosok penting yang sangat berpengaruh dalam perkembangan kampus hingga hari ini, dari rekam jejaknya yang luar biasa sudah sepatutnya dijadikan inspirasi bagi generasi pemimpin Unissula saat ini dalam membesarkan kampus. Ia adalah figur sentral yang akan senantiasa di kenang oleh kampus Unissula” Ujarnya.

Related News