Menu 

Pertahankan Dominasi, Tim Robotik Unissula Bidik Juara Nasional

Thursday, May 30th, 2019 | Dilihat : 92 kali

Tim  Robotik Unissula bersiap mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2019 tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Udinus 19-23 Juni 2019. Dalam kontes prestisius yang diselengarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti tersebut Unissula akan berlaga di tiga cabang lomba.

Pada Kompetisi Robot ABU Indonesia (KRAI) dengan anggota tim Adhi Prabowo, Rikfan Latifurrohman dan Muhammad Hany Rasyid Ashari. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) anggota tim Muhammad Amalul Ihsan dan Ari Setiawan. Serta Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) anggota tim Danang Hendrawan, Arinan Najah Putra, Junido Ardalli dan Eka Kulana.

Adhi Prabowo menyatakan tim KRAI Unissula menargetkan menjadi juara 1 nasional. Untuk itu saat ini timnya serius memperbaiki sistem teknis otomatisasi robotnya. Target juara cukup realistis mengingat Unissula kenyang pengalaman di kategori tersebut dan beberapa kali sudah berhasil juara I nasional.  

Adapun tim KRPAI saat ini seirus memperbaiki algoritma yang tepat pada koding robotnya dengan target menembus tiga besar nasional. Sedangkan tim  KRSBI mempersiapkan robot lebih detail dengan mengganti beberapa komponen robot agar performanya menjadi lebih baik supaya hasilnya lebih maksimal.

Sementara itu Muhammad Rasyid menyatakan bahwa prestasi gemilang tim robotik Unissula dalam beberapa tahun terakhir seperti menjadi juara regional dan nasional sangat menginspirasi timnya. Terlebih prestasi tim robotik Unissula yang juara nasional KRI 2015, yang kemudian dipercaya Kemenristekdikti menjadi wakil resmi Indonesia dan menjadi juara umum di kompetisi Trinity College international fire fighting home robot contest 2-3 April 2016 yang diselenggarakan di Oosting Gymnasium Trinity College Ferris Athletic Center, Hatford Amerika Serikat.

Di kompetisi KRI Nasional tahun 2018 lalu yang diselenggarakan di UMY Yokyakarta dan KRI 2017 yang diselengarakan di UPI Bandung  tim robotik Unissula yang berlaga di beberapa cabang juga berhasil juara nasional.

“Kami semua berusaha mempersiapkan sebaik mungkin dan meminta dukungan dan doa dari segenap civitas akademika Unissula agar dapat berkompetisi secara maksimal dan mencapai target yang telah dicanangkan”. Pungkas Muhammad Rasyid.

Tim robotik Unissula diperkuat oleh para mahasiswa dari Fakultas Teknologi Industri di Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Industri. Dengan dosen pembimbing seperti Bustanul Arifin ST MT, Eka Nuryanto Budi Susila ST MT dan lainnya.

Related News