Menu 

Pernah Gagal Jadi Pegawai Bank, Prof Heru Sukses Raih Guru Besar

Monday, February 15th, 2021 | Dilihat : 85 kali
Prof Dr Heru Sulistyo SE MSi berfoto keluarga  bersama putri dan istri

Prof Dr Heru Sulistyo SE MSi berfoto keluarga bersama putri dan istri 

Dosen Manajemen Fakultas Ekonomi Unissula Dr Heru Sulistyo SE MSi berhasil meraih gelar profesor per Januari 2021. Menurutnya untuk meraih gelar tersebut butuh fokus dan tidak boleh patah semangat. “Alhamdulillah anak dan istri saya mendukung penuh dan terus menyemangati agar saya bisa meraih gelar profesor. Mereka seringkali minta saya untuk fokus dalam memperoleh guru besar, dengan tidak menjabat / melepaskan jabatan struktural”, ungkap pria kelahiran Pontianak 5 Oktober 1967 tersebut dalam wawancara via Whatsapp (10/2).

Selain dukungan keluarga, ayah dari Nadia Adriane Ricadonna SST ME tersebut juga termotivasi karena dukungan rekan sejawat. “Inspirasi perolehan guru besar dari pihak eksternal terutama dari Dekan Fakultas Ekonomi Unissula, Prof Olivia Fachrunnisa PhD yang berhasil meraih gelar tersebut lebih dulu. Juga teman sejawat kami dari Fakultas Ekonomi Undip Prof Indah Susilowati PhD dan Prof Waridin PhD yang selalu mendorong terus untuk segera mengajukan guru besar”, ungkapnya.

Saat ditanya apa cita citanya sebelum menjadi dosen?. Putra dari Drs Basuki Adisapoetro dan Ibu Mahani tersebut ternyata ingin menjadi pegawai bank. “Cita-cita saya sebelum menjadi dosen adalah bekerja sebagai pegawai di Bank BNI 1946, mengingat ayah saya juga bekerja sebagai Accounting Manager di bank tersebut cabang Pati. Namun nasib berkata lain, setelah melalui tahapan seleksi akhir tidak lolos”, ungkap suami dari Shofwatin SE tersebut.

Lebih lanjut lulusan Manajemen Fakultas Ekonomi Unissula tahun 1992 tersebut mendaftar dosen di almamaternya. “Selanjutnya mendaftar dosen di Fakultas Ekonomi Unissula tahun 1993, dan alhamdulillah diterima.Setelah menjadi dosen, saya bertekad untuk mencapai derajat tertinggi sebagai seorang dosen, baik dari sisi tingkat pendidikan hingga S3 serta perolehan jabatan akademik hingga professor / guru besar”, ungkapnya.

Kenapa guru besar? “Karena karir tertinggi seorang dosen adalah ketika memperoleh jabatan fungsional akademik guru besar, bukan karir pejabat struktural. Alhamdulillah, semuanya saat ini bisa saya peroleh sesuai dengan cita-cita saya setelah menjadi seorang dosen”, ungkap lulusan S2 Universitas Gajahmada dan S3 Unair tersebut.

Selama kariernya banyak jabatan penting yang diemban antara lain: Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2016 – Sekarang, Kepala Bidang Penelitian LPPM 2014 – 2016, Direktur Pascasarjana Unissula (2013-2014), Sekretaris Program Magister Manajemen (2009 – 2013), Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi (2001 – 2009).

Dermikian pula berbagai penghargaan telah diraihnya antara lain dosen terproduktif I bidang penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi kriteria Social Humaniora Unissula tahun 2018, dosen terproduktif I Fakultas Ekonomi Unissula tahun akademik 2017/2018, dosen berprestasi I Unissula tahun 2016, dan masih banyak lagi penghargaan lainnya.

Alumni SMA 3 Semarang tersebut juga sangat aktif meneliti dan berhasil menulis berbagai jurnal yang diterbitkan di jurnal jurnal nasional maupun internasional.

Related News