Menu 

Perkuat Kemitraan Unissula Teken MoU dengan Ariana University dan ICSB

Wednesday, April 7th, 2021 | Dilihat : 32 kali
(7) ICBS

Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD (ketiga dari kiri) dan Ketua ICSB pusat Dr Jacky Mussri (kedua dari kiri) menandatangani MoU di Surakarta

Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD dan Ketua Pusat ICSB Dr Jacky Mussri mengadakan penandatanganan MoU yang dilaksanakan di UNS Surakarta (7/4). Indonesia Council for Small Business (ICSB) merupakan organisasi non profit yang memiliki perhatian pada beberapa bidang pertama, yaitu pendidikan, penelitian serta pertukaran ide untuk mengembangkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. ICSB bertujuan untuk menjadi wadah atau platform bagi empat pilar yang memiliki peran penting dalam pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia, yaitu peneliti, akademisi, pemerintah dan pelaku bisnis.

Kedua, menjadi bagian dari upaya global untuk memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) melalui aktivitas berbagi informasi dan pengalaman. Ketiga membawa praktik-praktik terbaik terkait pemberdayaan UKM di Indonesia ke dunia internasional dan sebaliknya.

Untuk mencapai tujuan tersebut diatas, ICSB akan menjalankan usaha mengembangkan kurikulum dan program pembinaan untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing pelaku UKM di Indonesia serta mengembangkan dan mempublikasikan penelitian terkait pemberdayaan UKM.

Selain itu, ICSB membangun kerja sama di antara peneliti, akademisi, aparatur pemerintah, serta pelaku bisnis dalam rangka memajukan UKM di Indonesia. ICBS juga memfasilitasi proses berbagi informasi dan pengalaman di antara pihak-pihak yang berkepentingan dengan pemberdayaan UKM di Indonesia dan dunia.

Selain Unissula ada 12 perguruan tinggi lainnya yang turut serta dalam acara tersebut yakni UNS, Undip, STIE Totalwin, STIE Atma Bhakti, STAI Mulia Astuti, Upgris, Uniba, UMS, Politeknik Harapan Bangsa, Unisri, dan STIE AUB Surakarta.

Rektor Bedjo Santoso sangat antusias dengan kerjasama tersebut, mengingat Unissula punya konsen yang tinggi dalam ikut serta mendorong tumbuh kembangnya UKM di Indonesia. Terlebih kerjasama tersebut memberi manfaat bagi kampus mitra. Manfaat tersebut antara lain kampus mitra berkesempatan secara langsung mengimplementasikan kerjasama kurikulum merdeka belajar kampus merdeka khususnya program kewirausahaan mahasiswa. Kampus mitra berkesempatan untuk mempromosikan keunggulan institusinya. Kampus mitra mendapat poin untuk akreditasi program studi atau lainnya.

Masih di hari dan tempat yang sama pasca MoU dengan ICSB, Rektor Unissula juga meneken kerjasama internasional. MoU Unissula dengan Kedubes RI untuk Afganistan yang ditandatangani oleh Dubes Dr Arif Rahman MD. Sementara MoU dengan Ariana University ditandatangani oleh Prof Abdul Haq Danishmal yang dilaksanakan secara daring.

Related News