Menu 

Pandangan KH Qoyyum Mansyur Tentang Peradaban Islam

Tuesday, April 6th, 2021 | Dilihat : 19 kali

IMG_9520

Forum Doktor Unissula (FDU) menyelenggarakan Webinar dengan tema Rekonstruksi Ilmu Islam dan Cakrawala Disiplin Ilmu Aktualisasi di Perguruan tinggi pada Senin (5/4). Acara yang bekerjasama dengan Lembaga Kajian dan Pengamalan Nilai Nilai Islam (LKPI) Unissula tersebut menghadirkan narasumber KH Qoyyum Mansyur pengasuh podok pesantren An-Nur Lasem Rembang.

Ia menyampaikan pandangan cendekiawan muslim tentang disiplin ilmu pengetahuan dalam lintasan sejarah Islam. Belajar dari kisah Nabi Adam surat Albaqorah (36) bahwa Salah satu tabiat manusia adalah saling bermusuhan (antagonis), bumi adalah tempat membangun peradaban dan peradaban manusia adalah produk makhluk yang sangat terbatas.

Sedangkan menurut teori Ibnu Khaldun Hakikat al Qur`an dan teori sosial Ibnu Khaldun serta tafsir Syeikh Sya’rawi, cara membangun peradaban Islami meliputi beberapa hal. Cara membangunnya antara lain: kepastian tanah legal, anggaran yang halal, profesionalisme, integritas, dan keahlian, amdal, kesehatan dan keamanan, mengambil peradaban lain yang positif, bahan berkualitas bagus, dan fondasi takwa dan ikhlas.

Related News