Menu 

Pamerkan Berbagai Inovasi Unissula Raih Penghargaan

Thursday, September 28th, 2017 | Dilihat : 41 kali

 (17) Penghargaan Pameran

Unissula raih penghargaan kategori stand perguruan tinggi terbaik dalam kegiatan pameran produk inovasi 2017 yang di selenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Daerah Kota Pekalongan pada tanggal 15-17 September 2017 bertempat di GOR Jetayu kota Pekalongan.

Penghargaan berupa piala dan uang pembinaan Rp 3.000.000 diberikan secara simbolis oleh wakil Gubernur Jawa Tengah Drs Heru Sudjatmoko MSi dalam rangkaian acara penutupan.

Menurut tim Marketing Unissula, Setiawan Widiyoko ST MT, penilaian juri didasarkan pada kriteria (1) materi yang ditampilkan adapun indikatornya karya inovasi yang dipamerkan, unggulan yang di pamerkan dan keberagaman materi, (2)  Penataan Stand pameran indikatornya Kreativitas, Estetika dan Layout, (3) Layanan stand pameran indikatornya Penampilan dan sikap penjaga stand, alat/ media promosi dan antusias pengunjung.

Dalam kegiatan tersebut Unissula menampilkan produk inovasi hasil karya mahasiswa seperti SEC       (Start Enginer Card using E-KTP) merupakan pemanfaatan E-KTP untuk mengaktifkan sepeda motor. Sistem ini menggunakan Arduino UNO sebagai sitem kendali dan RFID untuk alat scaning kartu. Pembuatan alat pengaktifan sepeda motor ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang diawali dengan studi literatur, dilanjutkan dengan pengujian yang diperlukan.

Produk lainnya adalah KALDIO (kaleng audio pengusir tikus elektrik ramah lingkungan) alat ini memancarkan suara yang tinggi (gelombang ultrasonik) dimana manusia dan hewan hewan lain tidak akan mendengarnya meskipun alat ini tidak dapat membunuh tikus namun frekwensinya akan mengusir tikus, sehingga rumah akan terbebas dari teror tikus.

Alat penyiram bawang, sistem kerja alat ini adalah menghisap air diantara bedengan media tanam lalu menyemprotkannya dengan mesin pompa. Alatnya diletakkan di atas pelampung, pekerja hanya bertugas mendorong dan mengatur besar kecilnya semprotan.

Robot D’AVECENNA 1.7  merupakan robot Unissula yang meraih juara 1 kontes robot pemadam api regional 3 yang dilombakan di Yogyakarta tahun 2017. Robot ini menggunakan 4 kaki, dimana setiap kaki terdapat dua buah servo. Tujuan menggunakan 4 buah kaki supaya mempermudah manuver ketika menyusuri ruangan.

Robot Soccer, robot ini dapat bergerak untuk mengejar bola, menangkap dan menendang bola. Untuk kekuatan tendangan dapat menggunakan alat pacu yang dialirkan aliran listrik hingga 450 volt.

Sebagai Lembaga perguruan tingi Unissula senantiasa terus gigih dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karya dan  inovasi inovasi baru harapannya dapat bermanfaat bagi kesejahteraan dan kehidupan umat manusia

Related News