Menu 

Menjadikan Kuis Daring Alternatif Media Penilaian Di Masa Pandemi

Thursday, October 15th, 2020 | Dilihat : 16 kali

(14) Andarini

Andarini Permata Cahyaningtyas

Pembelajaran daring menjadi sebuah tantangan baru bagi guru-guru SD di Indonesia, mengingat sebelumnya pembelajaran di SD selalu dilakukan secara tatap muka. Ketidaksiapan guru, siswa, dan orang tua menghadapi kebijakan belajar dari rumah menjadi kendala tersendiri yang dihadapi selama pandemi Covid-19 ini berlangsung. Oleh karena itu, Prodi Pendidikan Dasar FKIP Unissula berinisiatif mengadakan pelatihan pembelajaran daring di SDN Bangetayu Kulon, Kota Semarang yang dilaksanakan pada tanggal 7-10 September 2020.

Pelatihan ini pada dasarnya ditujukan untuk membantu guru dalam mencari alternatif sarana penilaian daring yang dapat diterapkan bagi siswa-siswa mereka. Selama ini, guru-guru di SDN Bangetayu Kulon baru menggunakan Google Form dalam memberikan soal-soal latihan kepada siswa. Untuk itu Andarini Permata Cahyaningtyas MPd beserta tim yang terdiri dari Jupriyanto MPd, Sari Yustiana MPd, dan Rida Fironika Kusumadewi MPd membantu guru-guru mengenal lebih banyak lagi sarana yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kemampuan kognitif siswa dengan memanfaatkan aplikasi kuis daring.

Aplikasi tersebut di antaranya adalah aplikasi Kahoot! dan Quizziz. Dua aplikasi ini dipilih karena memang mudah digunakan, tidak harus menginstal aplikasi, dan bisa dioperasikan melalui browser yang telah tertanam di smartphone dan laptop bapak ibu guru.

Pelatihan berjalan dengan lancar meski awalnya beberapa guru mengalami kesulitan login karena terkendala sinyal. Namun secara keseluruhan, antusiasme guru dalam melakukan praktik membuat suasana pelatihan menjadi hidup dan semua guru telah berhasil membuat satu kuis yang akan diberikan pada siswa sebagai penilaian mingguan. Guru-guru juga saling mencoba untuk mengerjakan kuis guru lain sehingga mereka akan memahami bagaimana mengoperasikan kuis tersebut dari sudut pandang siswa dan bagaimana melihat hasil kuis yang telah dikerjakan oleh siswa-siswa.

Harapannya, dengan bekal kemampuan ini, guru-guru SDN Bangetayu Kulon dapat mengembangkan kuis daring yang menarik dan memacu motivasi siswa karena adanya variasi bentuk kuis yang diberikan.

Dosen FKIP Unissula

Related News