Menu 

Mahasiswa UTM mengikuti Life Talkshow di Unissula TV

Tuesday, February 14th, 2012 | Dilihat : 299 kali

 

Kunjungan 19 mahasiswa dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) ke Unissula telah berakhir (12/2). Kunjungan ini dimaksudkan untuk membuka wawasan mahasiswa dalam menyikapi perkembangan dunia secara global dan merupakan kunjungan balasan dari lima mahasiswa Fakultas Teknik Unissula yang telah magang  di UTM tahun lalu.

Ada tiga hal penting yang dilakukan mahasiswa UTM selama di Semarang pertama, mempererat hubungan kerjasama UTM Malaysia dengan Unissula yang telah terjalin erat sejak puluhan tahun lalu. Hal ini diimplementasikan melalui audiensi dengan Pimpinan Universitas, Audiensi dengan BEM PT, SEMA PT dan UKM, pertandingan persahabatan Futsal, mengunjungi laboratorium Terestrial Digital Multimedia Broadcasting (TDMB), dan mengisi acara life talkshow program U-Talk yang disiarkan oleh Unissula TV.

Talkshow bertema Kerjasama Internasional Unissula dengan UTM menghadirkan 3 mahasiswa perwakilan dari masing-masing pihak yakni M Irfan (UTM), Amri Widiyangga dan Alamsyah Fatih (Mahasiswa FT Unissula yang mengikuti Student Exchange di UTM). Mereka  bercerita tentang Kerjasama selama ini yang juga  sering mengadakan kerjasama baik pertukaran pelajar, dosen dan kunjungan delegasi lainnya.

Irfan mengaku mengapresiasi pengembangan teknologi DMB di Unissula, karena di Malaysia sendiri teknologi semacam ini belum begitu di kembangkan. Alamsyah Fatih dan Amri Widiyangga berharap mahasiswa lain juga dapat merasakan pengalaman ketika belajar di negeri orang. Karena, selama mengikuti program Summary School (Student Exchange-red) ke UTM mereka banyak belajar tentang proyek-proyek pengembangan akademik, praktikum dan softskill lainnya.

Kedua, memperdalam wawasan tentang Indonesia khususnya budaya Jawa. Hal ini dilakukan melalui kunjungan wisata ke klenteng Sam Poo Kong, Gua Kreo, Masjid Agung Jawa Tengah, Lawang Sewu, Masjid Agung Demak, Menara Kudus, pusat ukir Jepara, Malioboro Yogyakarta, dan candi Prambanan serta Borobudur.

Ketiga, memperdalam kompetensi bidang teknik. Hal ini dilakukan melalui kunjungan ke PLTU Tambak Lorok Semarang serta mengunjungi PT Cerah Sempurna.

Rektor Unissula Prof Laode M Kamaluddin PhD menjelaskan kunjungan itu merupakan bagian dari networking yang dilakukan Unissula. Adanya program ini juga memberi keuntungan sendiri bagi Unissula. Pasalnya hal tersebut mampu dijadikan ajang promosi kemampuan mahasiswa Unissula di mata internasional.

Laode mengakui ada banyak surat permintaan kerja sama tukar mahasiswa dari beberapa universitas asing. Paling banyak adalah permintaan dari India. Permintaan kerjasama terbaru berasal dari Filipina.

Sementara itu Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unissula yang sekaligus host Ir Rahmat Mudiyono MT PhD menambahkan Fakultas Teknik Unissula akan terus mengembangkan kerjasama dengan berbagai universitas di Luar Negeri tidak hanya di Asia tapi juga di Eropa. Sehingga mahasiswa Fakultas Teknik Unissula memiliki kompetensi dan wawasan internasional.

Related News