Menu 

Mahasiswa Unissula Di Latih TV Production

Tuesday, September 28th, 2010 | Dilihat : 374 kali

tvprodday1

Sebanyak 50 peserta terpilih mengikuti pelatihan TV Production yang diselenggarakan bagian Sistem Informasi Unissula berkejasama dengan Bagian Cyber Services. Pelatihan yang di helat di Fakultas Teknologi Industri (28/9) tersebut menghadirkan dua pembicara   dari Yokyakarta yaitu Mr Suharno dari MMTC dan Mr Harmen dari TVRI Yokyakarta. Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa, dosen dan karyawan yang sebelumnya telah diseleksi terlebih dahulu.

 

Kepala Biro Sistem Informasi Gunawan ST MT yang juga ketua Panitia Pelaksana mengemukakan bahwa  pelatihan tersebut merupakan persiapan awal untuk mendorong civitas akademika berperan aktif dalam mengembangkan content acara. Hal tersebut dipandang sangat penting karena Unissula  akan menerapkan TV digital berbasis (TDMB) Terestrial Digital Multimedia Broadcasting untuk mengembangkan layanan pembelajaran/pendidikan, kesehatan dan kepentingan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk layanan informasi bagi Usaha Menengah Kecil Mikro.

 

Pelatihan akan dilaksanakan dua pekan teori dan dua pekan praktik dengan menghadirkan pakar pakar TV production terbaik dari Jakarta dan Yokyakarta.

Pelatihan tersebut merupakan sebuah langkah strategis untuk mempersiapkan sumber daya manusia untuk mengoperasikan dan memproduksi conten yang akan dipakai baik dalam perkualiahan dan lainnya. Keseriusan Unissula dalam menerapkan teknologi TDMB ini terus berjalan dimana saat ini proses intergrasi data base, pembangunan perangkat transmitter dan studio sedang berjalan.

Harmen (salah satu instruktur pelatihan yang berasal dari Yokyakarta) dalam checking akhir (24/9) dengan panitia pelaksana pelatihan TV Production mengharapkan keseriusan dari para peserta pelatihan, “Pelatihan ini membutuhkan biaya besar serta peralatan yang mahal disamping itu para peserta harus mampu menyerap materi pelatihan yang sedemikian padat dalam waktu singkat jelas hal ini membutuhkan keseriusan” ujarnya.

Dengan pembangunan infrastruktur dan pelatihan tersebut maka harapan Unissula untuk menjadi universitas cyber berbasis TDMB maka akan segera terealisasi. Dimana dengan teknologi tersebut akan memberikan banyak kemudahan. Bukankah sangat menyenangkan bagi mahasiswa jika karena sebuah kesibukan atau kepentingan darurat yang tak dapat ditinggalkan namun ia masih dapat  tetap mengikuti perkuliahan. Melalui teknologi ini mahasiswa Unissula dapat mengakses perkuliahan, bahan ajar, maupun berbagai materi penting lainnya hanya melalui hand phon yang telah diupgrade terlebih dahulu.

Selain itu penggunaan teknologi TDMB ini menjadikan Unissula sebagai kampus modern yang sangat menarik karena akan mengembangkan berbagai konten broadcasting. Bahkan saat ini Unissula juga menjadi menjadi satu-satunya universitas di Asia Pasifik yang menjadi anggota AIBD (Asia Pasific Institute for Broadcasting Development), yaitu sebuah organisasi gabungan lembaga penyiaran internasional yang berbasis di Kuala Lumpur.

Related News