Menu 

Mahasiswa Unissula Buat Aplikasi Untuk Pantau Tumbuh Kembang Balita

Tuesday, July 25th, 2017 | Dilihat : 114 kali

(25) Pameran FTI

Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) mengikuti pameran “Gelar Produk Industri Logam Jawa Tengah 2017” yang diselenggrakan Dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah di Java Supermall pada 21 hingga 23 Juli 2017 yang diikuti dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Tengah dan perusahaan besar, kecil dan menengah.

Menururt Bagus Satrio Waluyo Poetra SKom MCS  beberapa inovasi mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Unissula yang dipamerkan antara lain Jemuran Fast Dry yaitu sebuah alat penjemur pakaian dapat mengeringkan pakaian di dalam ruangan dengan cepat. Cara kerja alat ini menggantungkan pakaian pada jemuran, kemudian ditutup dengan plastik yang sudah dirancang sedemikian rupa dan kipas dinyalakan. Angin akan berputar di dalam jemuran dengan sirkulasi yang terus menerus sampai pada suhu tertentu sehingga pakaian akan cepat kering. Namun jika ada cahaya akan lebih cepat kering  dikarenakan atap yang transparan dari bahan acrylic.

Kedua adalah APIKUAN yaitu  aplikasi android yang diperuntukan orang tua untuk memantau tumbuh kembang balita. Aplikasi ini bisa download di google store dan mudah digunakan dan bermanfaat.

ketiga inovasi pengecat tembok otomatis yang diberi nama Pendemo sistem kerjanya sama seperti jika orang mengecat tembok, menggunakan kompressor yang sama, akan tetapi alat ini dapat bergerak otomatis baik gerakan horizontal maupun vertical dengan kecepatan yang stabil dan kemampuan mengecat yang rata. Alat ini menggunakan mikrokontroller sebagai otak dari penggeraknya.

Keempat SEC starter motor dengan E- KTP. Modul SEC yang dikembangkan langsung disambungkan dengan aki motor tersebut. Cara kerja starter motor SEC adalah dengan menterjemahkan kode chip yang ada di E-KTP asli kedalam desimal yang dapat memicu modul yang telah tersambung kedalam aki motor. Apabila E-KTP belum terdaftar di modul maka motor tidak akan bisa menyala. Modul bisa diprogram lebih dari satu E-KTP semisal motor tersebut ingin digunakan oleh satu keluarga.

Kelima yaitu Robot (Pemadam Api) Robot ini akan dapat menemukan titik api dan akan berusaha memadamkan api tersebut menggunakan air yang sudah disediakan dan disimpan pada robot berkaki empat ini. Robot (Bola) Robot ini dapat menggiring bola berukuran normal sama seperti yang manusia mainkan dan juga dapat menendang keras bola tersebut tergantung pengaturan yang diberikan si pembuat robot. Robot (Tari) Robot ini diatur sedemikian rupa supaya bisa menari mengikuti alunan musik sesuai yang dimasukan oleh pembuat. Robot (Laba2) Robot ini berjalan layaknya laba-laba berkaki delapan dan dengan masukan power yang sesuai robot ini akan dapat berjalan cepat.

Lebih lanjut Bagus berharap dosen dan mahasiswa dapat terus menghasilkan karya-karya yang lebih menginspirasi dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dengan teknologi yang lebih canggih.  “Saya senang dan bangga bisa menjadi bagian dalam tim yang berjuang untuk mendidik calon generasi khaira ummah (terbaik) di  bidang teknologi pada umumnya dan informatika pada khususnya imbuhnya” ujarnya.

Gambar: Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Unissula menjelaskan robot pemadam api di depan M Arif Sembodo SE MSI  ( kepala desperindag jateng )

Related News