Menu 

Mahasiswa FH Unissula Juara Duta Wisata Indonesia 2017

Tuesday, December 19th, 2017 | Dilihat : 38 kali

(18) Duta Wisata

Jodi Satria Affan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Unissula pemenang duta wisata nasional 2017 mengungkapkan rasa bahagianya  terpilih menjadi duta wisata Indonesia 2017. “Terpilih menjadi duta wisata Indonesia 2017 merupakan sebuah karunia yang patut saya syukuri. Hal itu juga merupakan tanggung jawab besar bagi saya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia” ungkaf Affan.

Masih menurut Alumni SMA 1 Mayong Jepara itu bahwa ada banyak hal besar yang bisa diawali dari hal hal kecil yang sederhana seperti kepedulian terhadap lingkungan sekitar “Kepedulian masyarakat terhadap lingkungan menjadi sebuah hal penting terlebih lagi bagi generasi muda yang akan menjadi pemimpin pemimpin bangsa di masa depan”. Ungkapnya.

Ia mencontohkan pulau Mandalika di Kabupaten Jepara memiliki keindahan pantai yang mempesona karena belum dicemari sampah, pantainya juga tidak ada karangnya seperti kebanyakan pantai di Jawa. Kedepan pantai ini akan banyak diminati dan itu artinya sangat penting untuk tetap menjaga pulau tersebut dari sampah dan berbagai hal yang dapat mengurangi keindahan pantai tersebut, sehingga disitulah kepedulian masyarakat untuk menjaga pantai tersebut tetap asri menjadi penting.

Saat ditanya bagaimana tips sukses hingga menjadi juara duta wisata Indonesia, ia menegaskan pentingnya fokus pada kompetisi yang sedang diikuti “ Sangat penting untuk tetap fokus pada sebuah kejuaraan yang kita ikuti dengan tidak memikirkan hal hal di luar kompetisi, tetap rendah hati dan tidak minder saat berkompetisi karena semua perserta memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing, sehingga kita hanya perlu menampilkan potensi terbaik dari diri kita dan biarlah juri yang menentukan hasilnya”  ungkap putra dari Tom Affan dan Maria Kasta Affan tersebut.

Sementara itu hal teknis yang penting menjadi catatan untuk bisa menjadi duta wisata adalah tinggi badan minimal 170 CM, mampu berkomunikasi aktif dalam berbagai bahasa khususnya Inggris, dan bahasa daerah masing masing, bisa menari, memenuhi kualifikasi umur, serta memiliki pengetahuan pada pariwisata.

Pemuda kelahiran Semarang, 17 Januari 1999 tersebut memiliki cita cita menjadi lawyer kedepannya itulah salah satu alasan kenapa ia mengambil jurusan kuliah di prodi ilmu Hukum Unissula. “Waktu kecil saya punya cita cita ingin jadi insinyur tapi seiring berjalannya waktu saya justru lebih tertantang untuk menjadi lawyer” pungkasnya.

Dalam pemilihan duta wisata 2017 tersebut Jodi Satria Affan bersama Indira Salsabila Ayu Wibowo yang berasal dari Kabupaten Klaten mewakili Jawa Tengah dan berhasil mencatatkan prestasi terbaik dengan resmi terpilih menjadi duta wisata Indonesia 2017 yang diselenggarakan di Kupang NTT pada malam puncak pemilihan duta wisata Indonesia tanggal dua Desember 2017 lalu.

Related News