Menu 

Kebidanan Unissula Ajak Ibu Hamil Tetap Saat Pandemi

Monday, September 14th, 2020 | Dilihat : 8 kali

(11) Kebidanan

Departemen Kehamilan prodi Sarjana dan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran (FK) Unissula mengadakan pengabdian masyarakat di Puskesmas Limbangan Kabupaten Kendal (4/9).

Tim memberikan penyuluhan terkait kondisi ibu hamil sesuai dengan keahliannya masing-masing. RR Catur Leny Wulandari mengajarkan cara pengolahan buah bit guna meningkatkan kadar haemoglobin dalam darah, sehingga ibu hamil tidak rentan sakit karena anemia.

Alfiah Rahmawati memberikan penyuluhan terkait kurma yang dapat dikonsumsi selama kehamilan. Arum Meiranny melakukan skrining ibu hamil terkait dengan adanya Covid-19. Muliatul Jannah mengajarkan senam hamil gerakan sholat pada ibu hamil. Atika Zahria Arisanti memberikan penyuluhan tentang prosedur pemeriksaan ibu hamil selama pandemi Covid-19.

Kepala Departemen Kehamilan prodi Sarjana dan Profesi Bidan FK Unissula, RR Catur Leny Wulandari memaparkan pengabdian berkerjasama dengan bidan di Puskesmas Limbangan Kabupaten Kendal bertujuan agar para ibu hamil tetap terjaga kesehatannya selama pandemi Covid-19.

Masih menurut Leny kehamilan merupakan masa yang rentan bagi kehidupan perempuan, karena pada masa ini, banyak perubahan fisik maupun psikis yang terjadi. Selain itu, kondisi pandemi saat ini menyebabkan ibu hamil terbatas dalam menjangkau tenaga kesehatan secara langsung, karena berdasarkan peraturan dari pemerintah, ibu hamil yang akan melakukan pemeriksaan kehamilan, harus mengadakan konfirmasi terlebih dahulu dengan bidan, kecuali jika ada keluhan dan tanda bahaya yang terjadi.

Related News