Menu 

Go Internasional Bersama Fakultas Kedokteran Gigi Unissula

Tuesday, June 18th, 2019 | Dilihat : 53 kali

IMG_2421-Recovered-copy-1024x683

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula merupakan Fakultas Kedokteran Gigi Pertama  dan terbaik di Jawa Tengah. FKG Unissula didirikan pada tanggal 19 Mei 2008 dan telah terakreditasi B melalui Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT) Kesehatan, melalui keputusan LAM PTKes–BAN PT No: 070/SK/BANPT/Akred/PDGI/II/2015 tertanggal 28 Februari 2015.

FKG Unissula memiliki visi menjadi Fakultas Kedokteran Gigi terkemuka di Indonesia dalam menghasilkan dokter gigi profesional sebagai bagian dari generasi khaira ummahberdasarkan nilai-nilai Islam pada tahun 2025. FKG menyusun rencana  strategis 2011-2020 prodi Pendidikan Dokter Gigi dengan 11 isu pengembangan strategis, yakni ilmu pengetahuan, teknologi, penelitian, dan sumber daya insani.

FKG Unissula berkomitmen untuk memenuhi tingginya ekspektasi masyarakat terhadap layanan pendidikan kedokteran gigi yang berkualitas. Secara akademik, di FKG memiliki ilektif program yang berbeda dari yang lainnya. Kemudian untuk menggambarkan ciri khas Unissula, maka sudah dilakukan integrasi modul-modul pembelajaran dengan dalil-dalil terkait. Misinya adalah menghasilkan generasi khaira ummahyang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi, menjunjung tinggi etika profesi, menguasai nilai-nilai dasar Islam dan Islam untuk disiplin ilmu Kedokteran Gigi, bahasa Inggris, IT, kewirausahaan, dan siap melaksanakan tugas kepemimpinan dan dakwah.

Dengan adanya visi sebagai fakultas terkemuka di Indonesia, maka pihak fakultas membentuk jamaah pendidik yang mempunyai kualitas kepakaran di bidang kedokteran gigi dengan standar tinggi dan kesetaraan universal. Juga menjunjung tinggi etika profesi Kedokteran Gigi, menguasai nilai-nilai Islam dan Islam disiplin Ilmu Kedokteran Gigi, melaksanakan tugas kependidikan dengan konsisten, dan mengembangkan IPTEK, serta kepemimpinan dan dakwah.

Mahasiswa FKG Unissula senantiasa diberikan pengajaran terbaik di bidang kedokteran gigi yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam dan berstandar internasional. Mahasiswa juga didorong melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan publikasi ilmiah dengan kualitas terbaik sesuai dengan Islam disiplin ilmu, dalam rangka pengembangan ilmu Kedokteran Gigi. Untuk mempertajam penguasaan ilmu dibidang kedokteran gigi para mahasiswa Kedokteran Gigi Unissula juga dapat mengikuti Co Ass di berbagai Rumah Sakit universitas mitra di luar negeri seperti di Jepang dan Korea Selatan.

Keunggulan:

  1. Sistem Pembelajaran berbasis pada kompetensi dengan pendekatan PBL (Problem Based Learning)
  2. Memiliki sarana prasarana memadai. Saat ini memiliki OSCE centre (Tempat Ujian Praktek sebagai dokter gigi) terbaik se-Indonesia.
  3. Memiliki Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut (RSIGM) yang bernaung di bawah Rumah Sakit Pendidikan Utama yaitu Rumah Sakit Islam Sultan Agung (RISA). Hal ini merupakan satu keunggulan karena sangat tidak mudah untuk menjadi rumah sakit pendidikan utama.
  4. Concil kedokteran Indonesia mengatakan bahwa RSIGM yang dimiliki FKG Unissula memiliki sistem dan efisiensi tinggi sehingga dapat menjadi model bagi institusi lainnya. Maka banyak Universitas khususnya yang memiliki fakultas kedokteran gigi mengunjungi FKG Unissula untuk study banding.
  5. Anggota South East Asia Association for Dental Education (SEAADE).
  6. Memiliki berbagai desa binaan untuk program pendidikan profesi.

Fasilitas

  1. Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut (RSIGM) Sultan Agung
  2. Memiliki ruang kelas utama yang dilengkapi kelas-kelas kecil untuk kegiatan tutorial
  3. Ruang kelas yang representatif, dilengkapi dengan sarana pra sarana penunjang yang lengkap (LCD, AC, dll).
  4. Memiliki OSCE Centre (Tempat Ujian Praktek sebagai dokter gigi)
  5. Memiliki ruang untuk pendidikan profesi yang representative dengan peralatan yang lengkap (Dental Unit dan peralatan pendukungnya)
  6. Dilengkapi dengan sistem monitoring
  7. Kegiatan pembelajaran koas melalui sistem computerize sehingga terdokumentasi dengan baik.
  8. Memiliki fasilitas CBT (Computer Base Test) untuk ujian nasional pendidikan dokter gigi

Prestasi

Fakultas Kedokteran Gigi Unissula berhasil mendorong para mahasiswanya berprestasi tinggi diberbagai bidang. Prestasi yang berhasil dicapai pada tahun 2018 antara lain:

  • Juara II Poster Presentation, di Bali International Dental Symposium 10-12 Mei, TIM FKG
  • Mengikuti co assdi Tokushima University Jepang, 29 Oktober, Rifandy H, Rohmatu WN, Intan KS
  • Juara III SLC, Oral Medicine Conference 2018 di Bandung, 16-17 November 2018
  • Juara I dan III, dan Top Scorer pada Nasional DSL di Malang, 16-18 November, Tim Futsal

 

Kerjasama

FKG Unissula melakukan kerjasama baik dalam dan luar negeri, di antaranya yaitu dengan berbagai IPDGI Indonesia, berbagai RS jejaring dan berbagai institusi pemerintah maupun swasta. Sementara di dunia internasional, FKG Unissula bekerjasama dengan Hongkong University, dan International Islamic University of Malaysia, Tokushima University Jepang. FKG juga telah membuat forum komunikasi dengan 7 Fakultas Gigi Institusi Islam, di antaranya Unissula, UMI Makassar, UNY, UMS, Unimus, Unbrah Padang, dan Yarsi Yogyakarta.

Kegiatan Mahasiswa

Mahasiswa FKG Unissula berkesempatan untuk mengembangkan soft skill leadership dan kemandirian melalui organisasi mahasiswa seperti BEM, SEMA, Islamic Association of Dentistry, serta berbagai UKM seperti Mapala Arkananta, Basket dan Futsal, Dentila Choir. Mahasiswa FKG Unissula juga berperan aktif dalam Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) seperti mengadakan baksos nasional, dan LKMM.

Prospek Lulusan

FKG Unissula memiliki 2 program, yaitu Pendidikan sarjana kedokteran gigi dan pendidikan profesi  dokter gigi. Sehingga lulusan FKG Unissula mendapatkan dua ijazah, yaitu ijazah pendidikan sarjana kedokteran gigi dan ijazah profesi.

Diharapkan lulusan FKG Unissula menjadi lulusan yang kompeten, kompetitif di kancah nasional maupun internasional, serta menjadi dokter gigi yang islami sebagai identitas perguruan tinggi. Lulusan FKG Unissula juga harus lulus Ujian Nasional UKMP2DG (Uji Kompetensi Mahasiswa Profesi Kedokteran Gigi). Adapun beberapa lulusan sudah menjadi pegawai di jajaran kementrian kesehatan, serta sebagian menjadi dosen di berbagai universitas dan sebagai tenaga kesehatan di klinik swasta.

Informasi Pendaftaran

Mari bergabung dengan Fakultas Teknologi Industri Unissula dengan mendaftar segera secara online di www.pmb.unissula.ac.iddan datang langsung ke kampus Unissula Jln Raya Kaligawe KM 4 Semarang setiap hari kerja Senin – Jumat jam 08.30-15.00, Sabtu jam 08.30 -12.00 informasi lebih lanjut hotline 081 220 220 62.

 

Related News