Menu 

FE Unissula Tekankan Pentingnya Sakinah Finance

Friday, October 16th, 2020 | Dilihat : 56 kali

WhatsApp Image 2020-10-16 at 08.38.38

Tim pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi (FE) Unissula memberikan pendampingan perencanaan keuangan keluarga di Ponpes Tahfidzul Qur’an Khusnul Khotimah Batursari Mranggen Demak (24/9). Mereka adalah Provita Wijayanti SE MSi, Dr M Ja’far Shoddiq dan Dr Kiryanto.

Acara tersebut diikuti 50 peserta dan didampingi pimpinan pesantren Ustadzah Khoirun Ni’mah Alhafidz dengan mematuhi protokol kesehatan.

Menurut Provita perencanaan keuangan sangat penting terlebih saat ini hampir semua kalangan merasakan dampak Covid-19.

Masih menurut Provita edukasi bertema sakinah finance ini merupakan perencanaan dan pengelolaan harta oleh individu/keluarga untuk pencapaian keuangan keluarga yang sakinah.
Sakinah finance mempertimbangkan prioritas kebutuhan berdasarkan maqasid syariah yaitu kebutuhan dharuriyyat (prioritas utama), hajiyyat (pendukung), tahsiniyyat (barang mewah) dari tahapan penciptaan harta/wealth creation, akumulasi harta/wealth accumulation, perlindungan harta/wealth protection, distribusi harta/wealth distribution sepanjang hayat sejak usia bayi hingga berakhirnya kehidupan seorang individu di dunia.

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi lima nilai di Fakultas Ekonomi Unissula yaitu cooperation, leadership, inovative, fairness, dan amanah untuk menebar ilmu pengetahuan kepada masyarakat berdasarkan prinsip Islam yang rahmatallil’alamin.

Related News