Menu 

Fakultas Keperawatan Unissula Rintis Perawat Kecil

Tuesday, February 28th, 2012 | Dilihat : 741 kali


Mahasiswa Program Profesi Ners Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Unissula menjadi pionir diadakannya Perawat Kecil di Semarang dengan melakukan kerjasama dengan beberapa SD.

Hal itu direalisasikan melalui pelantikan perawat kecil pada hari senin (27/2) di SDN Bangetayu Wetan 03-04 Semarang. Dimana secara simbolis dilaksanakan penyematan slayer dan pin, serta pemberian sertifikat kepada perawat kecil yang telah terlatih oleh Ns H Harmoko Skep, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Semarang.

Sebelum pelantikan mahasiswa Profesi Ners FIK Unissula telah lebih dulu melakukan pelatihan terkait dengan trias UKS yaitu pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan, dan pembinaan lingkungan kepada siswa siswa di sana.

Adapun materi yang disampaikan yaitu penerapan cuci tangan bersih, kesehatan lingkungan, dan pertolongan pertama pada demam, pertolongan pertama pada pingsan, dan pertolongan pertama pada saat luka. Diharapkan dari pelatihan tersebut, perawat kecil yang sudah dilatih juga semakin aktif dalam upaya melaksanakan tindakan promotif dan preventif di sekolah, sehingga bermanfaat untuk sekolah.

Dekan FIK Unissula Ns Retno Setyawati MKep Sp KMB mengatakan latar belakang kerjasama ini yaitu Sekolah Dasar pada hakikatnya merupakan salah satu tempat dari seorang anak mendapatkan ilmu. Untuk mendapatkan ilmu tersebut, maka anak perlu berfikir dalam kondisi yang sehat. Salah satu program pemerintah dalam upaya menciptakan kesehatan pada anak adalah dengan Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Program UKS dapat diwujudkan dengan adanya Kader Kesehatan Sekolah.

Kader kesehatan sekolah dapat diwujudkan dengan peran serta profesi kesehatan contohnya saja perawat. Salah satu peran dan fungsi perawat sebagai tenaga kesehatan adalah tindakan promosi kesehatan dan pencegahan penyakit. Dengan upaya tersebut, maka perawat ikut andil dalam menciptakan kondisi sehat di Sekolah Dasar. Dimana perawat kecil akan mengemban tugas dan membimbing teman-teman di sekolah berperilaku hidup sehat sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan yang ada di lingkungan sekolah.

Sementara Harmoko mengatakan bahwasannya perawat kecil merupakan wujud dari kecintaan kita terhadap profesi perawat yang ada di Indonesia dan salah satu penunjang kegiatan Trias UKS, selain itu juga diharapkan agar kegiatan pengkaderan perawat kecil ini dapat diikuti oleh institusi-institusi lain yang mempunyai program UKS di Jawa Tengah khususnya dan di Indonesia pada umumnya

Pelantikan perawat kecil ini juga dihadiri oleh Kepala Puskesmas Bangetayu, Kepala UPTD kecamatan Genuk, kepala sekolah SD Bangetayu Wetan 03 dan 04. Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula beserta jajarannya.

Related News