Menu 

FAI Unissula Ajak Pedagang Wujudkan Khaira Ummah

Wednesday, November 28th, 2018 | Dilihat : 41 kali
(16) Fai Pengabdian

Gambar : Sarjuni SAg MHum

Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam (FAI) Unissula mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat pada (16/11) bertajuk “Pembangunan etos kerja berbasis Budai bagi pedagang Pumanisa Unissula”, bertempat di ruang D23 FAI Unissula. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Bakti Agung Pratama (Batama).

Bertindak sebagai pemateri Sarjuni SAg MHum menjelaskan tentang strategi pendidikan di Unissula yakni BudAI, melalui pembudayaan nilai-nilai Islam pada warga kampus untuk mewujudkan generasi khaira ummah.

Ia menghimbau para pedagang di lingkungan Unissula untuk turut mensukseskan gerakan budaya akademik islami (BudAI), diantaranya sholat berjamaah, memakmurkan masjid, berbusana islami, lingkungan bersih dan sehat, keteladanan, dan mewujudkan akhlak mulia.

“Berdagang merupakan medan pengabdian, tidak hanya berjualan, tapi bisa mengajak pada kebaikan, bersama-sama amar makruf nahi munkar. Kita bisa ikut menjadi motivator. Misalnya ketika adzan berkumandang mengarahkan para mahasiswa untuk menuju ke masjid.” Tuturnya.

Sementara itu Drs Mukhtar Arifin Sholeh  MLibyang merupakan dekan FAI memaparkan materi tentang nilai-nilai Islam dalam perdagangan. “Islam tidak hanya hidup di masjid, melainkan dalam kehidupan keseharian kita harus mengamalkan nilai-nilai Islam, termasuk ketika berdagang.” nilai Islam dalam berdagang di antaranya amanah, benar, keterbukaan, solidaritas, kepercayaan. Lanjutnya, “Prinsip dagang harus halalan thayyiban, baik dalam hal wujud barang, sumbernya, hingga proses perdagangannya.”

Sementara itu ketua pelaksana kegiatan Moh Farhan SPdi Shum MPdI menuturkan bahwa kegiatan ini adalah agenda rutin yang dilaksanakan oleh FAI sebagai pengamalan salah satu tri dharma peguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat. “Tarbiyah FAI atas dukungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unissula telah terjun langsung di lingkungan masyarakat untuk memberikan pelatihan dan pendampingan sesuai dengan bidang keilmuan, seperti sekolah, TPQ, dan masyarakat umum.” Hal ini diamini oleh Kaprodi Tarbiyah Toha Mahsun MPdI yang berharap agenda pengabdian masyarakat akan terus dilaksanakan dengan menyasar berbagai lapisan masyarakat yang lebih luas lagi.

 

Related News