Menu 

Dosen – Dosen Muda Dari Sepuluh PTS di Jateng Review Penelitian di Unissula

Thursday, December 14th, 2017 | Dilihat : 91 kali
(7) Review Penelitian

Gambar: Seorang dosen memaparkan penelitiannya dalam seminar hasil penelitian bagi skema dosen pemula dihadapan reviewer Unissula Prof Pratikso PhD, dan Dr Budhi Cahyono MSi

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unissula menyelenggarakan seminar hasil penelitian bagi skema dosen pemula dengan dana hibah dari Kemenristekdikti tahun anggaran 2017. Sebanyak 65 peneliti memaparkan hasil penelitiannya di hadapan para reviewer yang dilangsungkan di kampus Kaligawe (7/12).

Kepala bidang penelitian, Dr Henny Pratiwi Adi ST MT menuturkan “Pada presentasinya, peneliti harus menunjukkan hasil penelitiannya berupa laporan, borang capaian hasil, artikel publikasi, poster. Termasuk yang menjadi poin penilaian di antaranya luaran, prosiding hasil seminar, hingga membuat bahan ajar.” Katanya.

Selain itu, sebanyak 26 peserta dari beberapa perguruan tinggi swasta lain juga bergabung untuk memaparkan hasil penelitiannya seperti STMIK Pati, Unaki, Unpand, Politeknik Sawonggale Aji Purworejo, STIE Bank BPD, Unisnu, Uniska, dan Universitas Ngudi Waluyo. Kemenristekdikti menunjuk Unissula untuk menyelenggarakan seminar hasil karena sudah memiliki 2 reviewer bersertifikat.

Menurut Henny, dari 83 proposal yang didanai, 39 di antaranya adalah skema dosen pemula. “Tahun ini merupakan tahun terakhir untuk skema penelitian dosen pemula, karena Unissula sudah masuk ke klaster utama.” Ungkapnya. Karena penelitian Unissula harus meningkat ke skema yang lebih tinggi yaitu desentralisasi yang terdiri dari PDUPT, PTUPT, PPUPT serta skema kompetitif nasional yang terdiri dari hibah pascasarjana, desertasi doktor, kerjasama luar negeri, dan lain-lain.

Henny mengharapkan para dosen terus berkarya dan mengambil kesempatan yang ada. “Karena nilai dana hibah yang disediakan akan jauh lebih besar dari sebelumnya, tentu dengan syarat yang lebih banyak. Harapannya para peneliti bisa meningkatkan kualitas penelitian dan luaran penelitian.” Ungkapnya.

Hal senada dituturkan oleh Ketua LPPM Dr Heru Sulistyo yang menargetkan akan terus menggenjot kualitas penelitian para dosen Unissula. “Target ke depan LPPM bisa naik ke klaster mandiri, yakni klaster tertinggi dari pengelompokan kinerja perguruan tinggi.” Tuturnya.

Selain itu dosen-dosen Unissula yang merupakan pakar di bidangnya juga turut bertindak sebagai reviewer seperti Prof Dr Ir S Imam Wahyudi DEA, Prof Ir Pratikso MSI PhD, Prof Dr Widodo MSi, Olivia Fachrunnisa MSi PhD, Dr  Attina Hussana MSi Apt, Dr Mutamimah MSi, Dr Zaenal Alim Adiwijaya SE, Dr Budhi Cahyono MSi.

 

Related News