Menu 

Dokter Muda FK Unissula Sosialisasi Pencegahan TB dengan Pentas Drama

Monday, November 5th, 2018 | Dilihat : 37 kali

(29) IMG_2056s

Dokter muda Fakultas Kedokteran (FK) Unissula menyelenggarakan penyuluhan dan sosialisasi penyakit tuberkolosis (TB) pada warga Desa Gaji Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak. Kegiatan yang mengusung tema “Cegah TiBi bersama JAKA TARUB & 7 Bidadari” tersebut berlangsung di aula kantor kelurahan setempat dengan. (28/10)

Acara tersebut dibuka langsung oleh kepala Desa Gaji Dwi Ari Wibowo  dan perwakilan Dosen FK Unissula Drs Purwito Soegeng MKes. Konsep yang telah dikemas secara unik dan kreatif ini mengajak warga untuk melakukan jalan sehat, cek kesehatan, senam, pentas cerita rakyat, serta diskusi tanya jawab dengan masyarakat seputar TB.

Menurut Ketua Panitia Hasan Adi, pemilihan Jaka Tarub sebagai tokoh utama dalam pentas drama tersebut karena memang Jaka Tarub dan 7 Bidadari dapat mewakili slogan pencegahan penyakit TB.

“Jaka Tarub disini merupakan singkatan slogan pencegahan TB, yaitu terdiri dari JA – Jaga jedela tetap terbuka, K – Kasur dijemur, A – Anak di imunisasi, T – Tutup saat batuk dan bersin, A – Ayo hidup bersih dan sehat, RU – Rumah cukup cahaya, B – Bebas asap rokok serta 7 bidadari yang melambangkan tujuh slogan tersebut” terang Hasan.

Sementara itu Kepala Desa Gaji Dwi Ari Wibowo mengaku sangat mengapresiasi acara ini. “Kami sangat berterima kasih, karena dengan kegiatan tersebut masyarakat menjadi semakin waspada tentang penyakit tuberkulosis, karena banyak yang belum mengetahui cara mencegahnya. Kami berharap dengan acara ini, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang TB” tuturnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan deklarasi pencegahan TB secara simbolik dengan membubuhkan cap tangan di selembar kain putih yang disediakan oleh panitia

Related News