Menu 

Diskusi Bersama Kominfo – Unissula Dalam Rangka Kerjasama Penyusunan Bisnis Model

Tuesday, July 5th, 2011 | Dilihat : 295 kali

bsi kominfo penyusunan bisnis modelKunjungan wakil Kominfo beberapa bulan yang lalu ternyata membuahkan sebuah kerjasama nyata dengan Universitas Islam Sultan Agung. Kunjungan tersebut memang khusus bertujuan untuk menjalin kerjasama dibidang riset dengan Unissula. Karenanya penyusunan bisnis model kemitraan industri informatika merupakan buah yang akan menjadi penanda awal kerjasama Kominfo – Unissula.

 

Pada hari Kamis (30/06) yang lalu, Bapak Ruslan Harun (Ka.Sub.Dib. Pemberdayaan Industri Informatika) selaku perwakilan Kominfo datang ke Unissula membawa misi kerjasama yang telah diharapkan tersebut. Beliau diagendakan bertemu dengan Kepala Biro Sistem Informasi (BSI) Unissula yakni Bapak Gunawan, ST.MT dan Kepala Bagian Cyber Services, Bapak Mustafa, ST. MM. Pertemuan yang dilakukan di ruang rapat kantor Biro Sistem Informasi (BSI) Unissula tersebut berlangsung cukup singkat. Hal ini dikarenakan telah muncul kesepahaman di antara kedua belah pihak mengenai konsep penyusunan bisnis model kemitraan industry informatika nantinya.

 

Bisnis Model tersebut akan berisikan pola kemitraan industri informatika di Indonesia. Bisnis model tersebut akan menjadi pedoman regulasi pemerintah dan sebagai acuan pelaksanaan kemitraan industri informatika di lingkungan pemerintah secara berkala . Hasil nyata dari bisnis model tersebut adalah berupa buku yang akan diperbanyak kepada masyarakat. Buku itu akan menjadi pedoman bagi clusterisasi bisnis model di bidang industri informatika di Indonesia. Buku tersebut juga dapat digunakan antara lain oleh semua perusahaan, institusi atau perorangan yang akan menggunakan kemitraan untuk mengembangkan atau memulai usahanya, semua perusahaan swasta yang mempunyai rencana, atau sudah melakukan kerjasama (kemitraan) dengan pemerintah dalam industri informatika, pihak-pihak yang berencana untuk melakukan investasi dalam industri informatika, semua perusahaan, institusi atau perorangan yang berencana untuk melaksanakan “Good Governance” di perusahaannya, pemerintah sebagai salah satu konsep dalam melaksanakan model e-government di Indonesia.

 

Untuk itu Unissula pada tanggal 7 Juli 2011 akan melakukan presentasi di depan Kominfo berupa raw material dari bisnis model. Hal ini dipandang sebagai cara paling efektif untuk mencapai kesepahaman dan bagian dari metodologi penyusunan yang telah disepakati antara kedua belah pihak sebelumnya. Presentasi akan dilakukan oleh Rektor Unissula, Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin, M.Sc., M.Eng bersama dengan kedua perwakilan dari Biro Sistem Informasi (BSI) Unissula. Kunjungan ke Jakarta tersebut pun sekaligus untuk memenuhi undangan dari Kominfo untuk mengikuti Seminar Penyusunan IT Blueprint Indonesia pada tanggal 5 Juli 2011 serta 8 Juli 2011 acara Green ICT yang akan diselenggarakan di Bogor. Unissula boleh berbangga diri saat mengunjungi Green ICT nantinya, karena Unissula telah menerapkan salah satu konsep penghematan penggunaan sumber daya yang menjadi dasar adanya Green ICT. Unissula telah menerapkan penggunaan Cyber Office atau Paper Less Office.

 

Semoga dengan kerjasama penyusunan bisnis model tersebut, dapat menimbulkan kerjasama-kerjasama baru di masa yang akan datang. Sekaligus menguatkan Unissula sebagai World Class Islamic Cyber University.

Related News